PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AKUNTANSI DASAR KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 UNAAHA

Arsalna Ledi Han, RAMLY RAMLY RAMLY, La Taena Taena

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis aktifitas belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Unaaha dalam mengikuti pembelajaran akuntansi dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) pada materi pokok Akuntansi Dasar. 2) untuk menganalisis aktifitas mengajar guru kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Unaaha dalam pembelajaran akuntansi dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) pada materi pokok Akuntansi Dasar. 3) untuk menganalisis dapatkah penerapan model pembelajaran tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Unaaha dalam pembelajaran akuntansi dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) pada materi pokok Akuntansi Dasar.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 unaaha kelas X Akuntansi I, jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka hasil penelitiannya yaitu: 1. Aktifitas belajar siswa meningkat, yang memperoleh nilai rata-rata yaitu 3,5 yang berkategorikan baik. 2. Aktifitas mengajar guru memperoleh skor 3,6 yang dapat di kategorikan baik. 3. Hasil belajar siswa memperoleh nilai diatas KKM yaitu 75 yaitu 31 orang dengan presentasi kelulusan yaitu 88,6 % . dengan demikian maka penelitian ini dianggap berhasil.


Keywords


Aktifitas Belajar Siswa, Aktifitas Mengajar Guru, Dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata. 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran.

Jakarta: Kencana Agung.

Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Fathurrohman, Pupuh, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. RefikaAditama

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar n.( Jakarta : PT.Bumi Aksara )

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Iru, La dan Arihi, La Ode. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Media Presindo.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 104 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Lefudin. 2017. Belajar Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta:Deepublish

Mulyasa, H. E. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja

Rosdakarya. Bandung.

Rifa’i, A., & C.T. Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Unnes.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan

Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suardi, M. 2015. Belajar dan pembelajaran (Edisi 1). Yogyakarta: Deeppublish.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru .Algensindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi

PAIKEM.Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. AR- Ruzz Media. Yogyakarta.

Tukiran, Taniredja, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung:




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/a-jpa.v2i1.25798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

  Creative Commons License
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Halu Oleo dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

Alamat Redaksi: Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia

Our Journal has been Indexed by: 
    Smiley face  Smiley face