PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI

MelindaYani Yani Yani, La Ode Amaluddin, Ramly Ramly Ramly

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kendari dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kendari Tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dengan persentase. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: Perencanaan tindakan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. yaitu sebelum penelitian tindakan kelas hanya 25% siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 68,156, siklus II 66% siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 76,906. Sesudah melakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I hanya 34% dengan nilai rata-rata 72,281, dan pada siklus II meningkat menjadi 90,6% dengan nilai rata-rata 82,37.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arends. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (http:// ipotes.wordpress.

com) Diakses tanggal 16 Desember 2017 jam 11:30.

Arikunto. (2010). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogykarta: Pustaka Belajar.

Djamarah, Zain. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Hamdayama. (2014). “Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mate pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Malang”. Jurnal pendidikan Ekonomi.Volume 2, diakses Oktober 2020.

Huda. (2013). Model-Model Pengajaran &Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasari, (2012) Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Pustaka Setia.

Rusman. (2011). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

_______. 2012. Pembelajaran Kooperatif dan pendekatan saintifik. Jakarta: Rosda

_______. 2014. Model – Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Alfabeta

_______. 2017. Pembelajaran Tematik Terpadu. Yogyakarta: Gava Media.

Siregar. (2010). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik, Ar-Ruzz

Media, Yogyakarta.

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung Sinar Biru.

Surakhmad. (2012). Konsep Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Seminar Pendidikan. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma.

Thobroni. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Zaini. (2018). Media dan Model - Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/a-jpa.v2i1.25793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

  Creative Commons License
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Halu Oleo dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

Alamat Redaksi: Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia

Our Journal has been Indexed by: 
    Smiley face  Smiley face