Rancang Bangun Mesin Peniris Minyak

Irdam Irdam, Dani Setiawan, Ade Irmayanti, Aditya Aditya

Abstract


Penirisan minyak pada makanan gorengan secara manual dipandang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sebuah prototipe mesin peniris minyak dengan sistem rotari yang memanfaatkan gaya sentrifugal yang mampu melakukan penirisan minyak secara lebih cepat dengan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan cara manual. Kelebihan rancangan mesin peniris minyak dalam penelitian ini adalah dalam hal portabilitas dan kemudahan untuk membersihkan tabung peniris karena dapat dibongkar pasang. Tahapan pembuatan mesin ini terdiri atas tahap perancangan, manufaktur, perakitan dan pengujian mesin. Mesin dirancang dan dibangun dengan spesifikasi: tinggi 1155 mm, panjang 945 mm, dan lebar 600 mm. Hasil uji coba penirisan keripik dan kacang goreng menunjukkan bahwa penirisan menggunakan mesin peniris minyak terbukti lebih efektif dibandingkan penirisan secara manual. Penirisan keripik menggunakan mesin dengan kecepatan putaran 500 rpm selama 1 menit menghasilkan pengurangan massa sebesar 4,5%, sedangkan penirisan manual hanya menghasilkan pengurangan massa sebesar 1,8%. Penirisan kacang goreng menggunakan mesin selama 1 menit menghasilkan pengurangan massa sebesar 0,91%, sedangkan penirisan manual hanya menghasilkan pengurangan massa sebesar 0,45%. Untuk kacang goreng dibutuhkan waktu 5 menit agar diperoleh pengurangan massa sebesar 1,8%.

Full Text:

PDF

References


D. Kusumawardhani, “Optimasi Formulasi Snack Bar Rendah Kalori dan Kaya Serat Berbasis Tepung Sorgum Putih (Sorghum Bicolor L. Moech), Tepung Tempe dan Bekatul dengan Menggunakan Program Linear,” Skripsi.Program Studi Teknologi Pangan, Bandung, 2017.

S. Wasisto, I. L. I. Purnama dan P. W. Anggoro, “Perancangan Mesin Peniris untuk Aneka Makanan Ringan Hasil Gorengan,” dalam Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2016, Semarang, 2016.

S. Huda, “Perancangan Mesin Peniris Minyak untuk Kerupuk,” Tugas Akhir.Program Studi Teknik Industri, Malang, 2019.

H. Istiqlaliyah, “Perencanaan Mesin Peniris Minyak pada Keripik Nangka dengan Kapasitas 2,5 kg/menit,” Nusantara of Engineering, vol. 2, no. 1, 2015.

B. S. Romadloni, “Perancangan Mesin Peniris Minyak pada Kacang Telur,” Proyek Akhir.Program Studi Teknik Mesin, Yogyakarta, 2012.

P. J. D. Prasetio dan M. K. Ibik, “Rancang Bangun Mesin Keripik Mangga Podang Kapasitas 10 kg per Proses (Bagian: Mesin Peniris),” Jurnal Teknik Mesin (JTM), vol. 4, no. 1, pp. 1-25, 29 Mei 2015.

S. R. Said, “Alat Pengering (Peniris) Sistem Vakum pada Gorengan Ceriping Ubi, Penghemat Pemakaian Minyak Goreng untuk Industri Kecil Pedesaan,” Jurnal Inoteks, vol. 5, no. 1, Juni 2003.

Romiyadi, “Perancangan dan Pembuatan Mesin Peniris Minyak Menggunakan Kontrol Kecepatan,” Jurnal Teknik Mesin, vol. 8, no. 1, April 2018.

W. Sugandi, A. M. Kramadibrata, Fetriyuna dan Y. Prabowo, “Analisis Teknik dan Uji Kinerja Mesin Peniris Minyak (Spinner),” Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, vol. 6, no. 1, pp. 17-26, Maret 2018.

Sularso dan K. Suga, Dasar Perncanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Jakarta: PT. Pradya Paramita, 2004.

J. E. Shigley dan L. D. Mitchell, Perencanaan Teknik Mesin, 4 penyunt., vol. 1, Jakarta: Erlangga, 1984.

ATS, Perhitungan Elemen Mesin, Sorowako: Akademi Teknik Soroako, 1992.

B. J. M. Beumer, Ilmu Bahan Logam, vol. 1, Jakarta: Bhratara Karya Aksara, 1985.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/djitm.v11i2.11799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.