Editorial Policies

Focus and Scope

Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin merupakan media publikasi bagi kalangan akademisi, peneliti dan praktisi dalam mempublikasi original research paper ataupun article review  yang mencakup beberapa bidang keilmuan teknik mesin yang diantaranya:

1. Konversi Energi

Untuk bidang konversi energi, topik-topik yang dapat dimuat adalah energi baru terbarukan, emisi dan pembakaran, bahan bakar dan lubrikan, perpindahan massa dan kalor, mesin-mesin pemompa kalor, rekayasa termal dan fluida, komputasi energi, rekayasa power plant, energi nano dan piko, material energi, mekanika fluida dan hal lain seputar konversi energi.

2. Material

Topik-topik yang dapat dipublikasi dalam Dinamika antara lain: teknologi las dan pengecoran, material temperatur tinggi, material komposit, material nano, biomaterial, komputasi material, korosi, teknologi pengujian tidak merusak, material baru dan terbarukan, fatik, analisa kegagalan serta hal lain seputar material dan metalurgi.

3. Desain Mekanikal

Untuk bidang konversi energi, topik-topik yang dapat dimuat adalah bodi dan desain komponen otomotif, dinamika kendaraan, control dan mekatronika, sistem transmisim sistem kendaraan/transportasi cerdas, getaran struktur, pemrosesan sinyal dan teknologi perawatan, tribologi, akustik, algoritma perancangan mekanikal, komputasi dan mekanika struktur, desain sensor dan aktuator mekanikal, teknologi mekanisme, biomekanik, mekanika terapan, perancangan alat dan mesin fungsional serta hal lain seputar perancangan struktur.

4. Manufaktur dan Otomasi

Beberapa topik yang berhubungan dengan manufaktur dan otomasi adalah manajemen rekayasa, teknologi, teknologi peralatan dan permesinan, material produksi, CNC dan komputasi manufaktur, sistem manufaktur dan logistic, mekatronika dan robotika, instrument dan pengukuran, teknologi terkini pemrosesan material, permesinan mikro, metrology, mesin konvensional dan non konvensional serta hal-hal lain yang mencakup ilmu manufaktur.

 

 

 

 

Section Policies

 

Peer Review Process

Artikel yang telah dikirim oleh Author melalui akun masing-masing akan diterima oleh Section Editor dan dilakukan peninjauan awal. Setelah itu, artikel yang sudah sesuai dengan focus dan scope dari Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin akan dikirim ke Peer Reviewer sesuai dengan bidangnya masing-masing. Proses pengiriman artikel dan review oleh Peer Reviewer dilakukan dengan PROSESS BLIND REVIEW.

Untuk setiap naskah artikel yang diterima, Editor dan Peer Reviewer berkolaborasi dalam melakukan peninjauan naskah secara SUBSTANSI dan TEKNIS. Peninjauan naskah dihasilkan dalam bentuk ulasan yang telah diatur menggunakan form review sehingga menjaga kualitas dan konsiten peninjauan yang diberlakukan di Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Editor memiliki hak untuk memutuskan manuskrip mana yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan.

Setiap naskah artikel yang akan diterbitkan maka harus memenuhi aturan berikut:

  1. Jurnal harus dalam format dokumen (* .DOC, * .DOCX)
  2. Mengikuti template penulisan
  3. Jurnal ini memiliki keaslian dan kontribusi sesuai Scope dan Fokus
  4. Jurnal entri akan ditinjau oleh Reviewer untuk revisi lebih lanjut oleh Penulis
  5. Peninjau dapat menolak Jurnal yang belum direvisi hingga batas waktu yang ditentukan.
  6. Setiap jurnal akan ditinjau setidaknya oleh peninjau.
  7. Jurnal ini ditinjau paling awal 4 minggu dan maksimal 3 bulan (12 minggu).
  8. Peninjau ditentukan berdasarkan kualifikasi dan kompetensinya.

Proses Peninjauan:

  1. Penulis menyerahkan naskah.
  2. Evaluasi Editor (beberapa manuskrip ditolak atau dikembalikan sebelum proses peninjauan).
  3. Proses peer review.
  4. Keputusan Editor.
  5. Konfirmasi kepada penulis.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.