Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Bisnis Perikanan (Journal of Fishery Business)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

STRUKTUR ARTIKEL

Judul artikel ringkas, spesifik, dan efektif (tidak lebih dari 12 kata yang menggunakan Bahasa Indonesia, dan 10 kata yang menggunakan Bahasa Inggris). Judul ditulis dengan huruf besar tebal dan terjemahan ditulis dengan huruf biasa font 12. Nama penulis ditulis dengan huruf tebal font 11. Alamat ditulis dengan huruf biasa font 10, yang memuat nama lembaga dan alamat disertai alamat e-mail.

Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris tidak melebihi 200 kata. Abstrak memuat tujuan, apa yang dilakukan (metode), apa yang ditemukan (hasil), dan kesimpulan. Hindari singkatan dan kutipan pustaka. Teks ditulis dengan font 11.

Kata kunci tidak melebihi lima kata yang disusun menurut abjad.

Pendahuluan menjelaskan secara utuh dan jelas alasan mengapa studi dilakukan. Hasil-hasil sebelumnya yang terkait dengan studi yang dilakukan dirangkum dalam suatu acuan yang padat. Nyatakan tujuan penelitian anda.

Metode dijelaskan secara jelas. Teknik statistik diuraikan secara lengkap (jika baru) atau diacu.

Hasil dikemukakan sesuai dengan yang diperoleh berdasarkan metode yang digunakan. Hindari penggunaan pustaka dalam bagian ini.

Pembahasan, hasil studi yang diperoleh dihubungkan dengan hasil studi sebelumnya dan dibahas dengan dukungan pustaka yang memadai.

Simpulan dinyatakan secara jelas dan ringkas.

Persantunan (bila perlu), mencatat lembaga atau orang pendukung dana penelitian dan orang yang membantu dalam pekerjaan anda.

Daftar Pustaka disusun menurut abjad nama penulis pertama. Pastikan semua pustaka yang dikutip dalam teks tertera di daftar pustaka, dan demikian pula sebaliknya. Daftar Pustaka yang menjadi acuan sebaiknya pustaka primer (minimal memuat 5 jurnal) yang terbit 10 tahun terakhir.

 


PETUNJUK UMUM

Naskah dapat dipublikasikan, bila mengikuti format yang telah ditentukan

  1. Naskah diketik pada kertas ukuran A4, menggunakan Microsoft Word dengan spasi 1 baris, tipe huruf Times New Roman, font 12, teks rata kiri, margin 2 cm, karakter dan tipe huruf pada Tabel dan Gambar dapat berbeda dari ketentuan ini.
  2. Naskah bernomor halaman yang dituliskan pada ujung kanan bawah. Naskah berjumlah maksimal 20 halaman dan harus dalam jumlah bilangan genap untuk memudahkan layout jurnal cetak.
  3. Kata yang disingkat sebaiknya ditulis lengkap pada penyebutan pertama diikuti singkatan dalam tanda kurung. Jangan menggunakan singkatan tanpa keterangan sebelumnya.
  4. Nama ilmiah organisme disesuaikan dengan kode nomenklatur internasional. Nama genus dan spesies ditulis dalam huruf miring (italik). Penulisan nomenklatur pertama ditulis lengkap, sedang pada penulisan selanjutnya nama pertama cukup inisial dan nama kedua ditulis lengkap. Contoh : Siganus canaliculatus menjadi S. canaliculatus.

 

Tabel dan Gambar

  1. Tabel dan gambar diletakkan sesudah Daftar Pustaka
  2. Tabel dan Gambar/foto  harus diberi nomor arab dengan secara benar seperti yang dikutip dalam teks. Penggunaan garis bantu pada tabel hanya 3 garis horizontal dan tanpa garis vertikal. Judul tabel terletak di bagian atas dan letakkan sumber data dan catatan tepat di bawah tabel, sedangkan judul gambar terletak di bagian bawah gambar. Gambar (histogram, diagram lingkar, dan grafik) dibuat hitam putih dengan pola arsiran, sedangkan gambar dan legend tidak dalam kotak. Gambar berwarna yang akan dicetak berwarna akan dikenakan biaya tambahan yang dibebankan kepada penulis.
  3. Gambar dan tabel dalam program aslinya (Microsoft Excel atau yang lainnya) perlu disertakan dalam file terpisah untuk mempermudah proses editing

 


Penulisan daftar pustaka dan kutipan dalam teks mengikuti aturan penulisan berikut:


Jenis Sumber

Daftar Pustaka

Pustaka dalam teks

Artikel jurnal,

Siang, RD, dan A, Nurdiana. 2002. Estimating the value of invasive aquatic plant control: A bioeconomic analysis of  public lakes in Florida. Journal of Agricultural and Applied Economics. 39:97-109.

Satu penulis ; (Siang, 2002)

Dua penulis:

(Siang dan Nurdiana, 2002)

Lebih dari dua penulis :

(Siang dkk. 2002)

Artikel jurnal online

Lamson C. 2006. Planning for resilient coastal communities: lessons from ecological systems theory. Jurnal Coastal Zone Management (Internet). 13(2):265-280. Diakses tanggal 1 Januari 2010. Http://www. jczmline. com/doi/abs/ DOI:10.1070/ 00220388. 2006.646992.

 

(Lamson, 2006)

Buku

 

Aris. 2012. Teori ekonomi produksi. Brillian Internasional. Surabaya. 405p.

(Aris, 2012)

Buku-Penulis dari suatu lembaga / organisasi

BPS: Badan Pusat Statistik. 2014. Stasistik Sulawesi Tenggara 2013. Badan Pusat Statistik. Jakarta. 250p.

(BPS, 2014)

Website

KKP: Kementerian Kelautan dan Perikanan  (internet). 2011. KKP.  Diakses 1 Juni 2012. http;//kkp.go.id/

(KKP, 2011)

Disertasi/Tesis/Skripsi

Nur AI. 2011. AnaLisis Keberlanjutan Perikanan Cakalang pada Perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Samudera Hindia Selatan Jawa Timur.  Disertasi.  Institut Pertanian Bogor.  Bogor

(Nur, 2011)

Prosiding

 

Bleckmann, H. 2009. Role of lateral line in fish behaviour. Prosiding Seminar Internasional Perikanan Berkelanjutan. Universitas Halu Oleo. Kendari

(Bleckmann, 2009)

Kumpulan artikel

Bleckmann, H. 1993. Role of lateral line in fish behaviour. In T. J. Pitcher (ed.): Behaviour of teleost fishes, Chapman and Hall, London. pp. 201-246

(Bleckmann, 2009)

Sumber dari banyak kutipan dalam teks diurutkan dari yang tertua

(Makalah yang belum dipublikasikan dan sedang dalam proses pencetakan diberi tambahan “in press”)

 

(Orpin et al. 2004; Karakassis et al. 2005; Jaureguizar & Milessi 2008), dan (Suhartati 1994 dan 2010).


 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

Pengajuan naskah dilakukan dengan mengirimkan atau submit naskah  melalui :

email : jbp.uho@gmail.com

web : ojs.uho.ac.id/index.php/bisnisperikanan