PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA

Nur Hidayatul Khasanah, Aspin Aspin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 7 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen menggunakan desain One Group Pre-test and Post-test. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Berdasarkan hasil analisis deskriptif prensentase menunjukkan disiplin belajar siswa sebelum diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah, yaitu 61,60%. Sesudah diberikan perlakuan mengalami peningkatan menjadi 87,86%. Hal tersebut menunjukkan peningkatan 26,26% setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan analisis inferensial menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi α=0,05 diperoleh Pvalue= 0,012. Pvalue <α(0,012<0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan disiplin belajar siswa SMPN 7 Kendari.


Keywords


Disiplin Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bachri. (2000). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Folastri, Sisca, & Itsar Bolo Rangka. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid Press.

Latipun. (2015). Psikologi Esperimen: Malang: UMM Press.

Mastuti, Sri. (2014). Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok kelas VIII.2 SMP Wonokerto Pekalongan. Jurnal Didaktum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 16 No 2.

Tu’u, Tulus. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Wardati, & Jauhar Mohammad. (2011). Implementasi Bimbingan dan Konseling di sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Wita, Destry, Raja Arlizon, Elni Yakub. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA Handayani Pekanbaru T.P 2014/2015. Jurnal Online Mahasiswa FKIP UNRI. Vol. 2 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracting and Indexing:

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan dan Konseling) by Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP UHO was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Based on a work at 
https://ojs.uho.ac.id/index.php/bening/index 

Penerbit:

Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
e-mail office: jurnal_bening@uho.ac.id