FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TINDAKAN INTIMIDASI SISWA TERHADAP SISWA LAINNYA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

Syafira Wahdania Gaffar(1), Aspin Aspin(2),


(1) Universitas Halu Oleo
(2) Universitas Halu Oleo
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab tindakan intimidasi siswa terhadap siswa lainnya dan upaya penanggulangannya di SMP Negeri 30 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran dan siswa SMP Negeri 30 Konawe Selatan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif  kualitatif metode Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab tindakan intimidasi siswa yaitu, gangguan pengendalian diri, intimidasi yang dipelajari, intimidasi untuk memperoleh sesuatu, faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Dan upaya penanggulangannya dengan berbicara langsung kepada pelaku intimdasi dan membantu menebus kesalahannya.

 

Kata Kunci: Faktor Intimidasi


References


Coloroso, B. (2007). The Bully, The Bullied, and The Bystander; From Preschool to High School-How Parents and Teachers Can Help Break the Cycle of Violence. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Cowie, H., & Jennifer, D. (2009). Penanganan Kekerasan di Sekolah (Terjemahan). Jakarta: PT Indeks.

Huraerah, A. (2018). Kekerasan Terhadap Anak, Bandung: Nuansa Cendekia.

Kartono, Kartini. (2017). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Masdin. (2013). Fenomena Bullying Dalam Pendidikan, Jurnal Al-Ta’dib, Vol.6, no.2, hh.73-83.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Parsons, L. (2009). Bullied Teacher Bullied Student. Jakarta: Grasindo.

Santrock, John W. (2003). Andolesence (6 ed) : Perkembangan Remaja. Alih Bahasa Shinto B Adelar & Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.

Sucipto. (2012). Bullying dan Upaya Meminimalisasikannya, Jurnal Psikopedadagogia,Vol. 1, no. 1.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Ed 1-Cet 2. Depok, Rajawali Pers.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Ed 3-Cet 1. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Zakiyah, E.Z, Sahadi, H, Meilanny B.S. (2017). Faktor-faktor yang Memengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM, Vol.4, no 2, hh. 129-389.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 62 times
PDF Download : 36 times

DOI: 10.36709/bening.v4i2.12090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.