PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA

Nini Karlina(1), Alber Tigor Arifyanto(2),


(1) Universitas Halu Oleo
(2) Universitas Halu Oleo
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap etika komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kendari.Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket etika komunikasi interpersonal. Skor angket pretest siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok termaksud dalam kategori rendah yaitu 63.715 %,sedangkan setelah diberi layanan bimbingan kelompok skor angket hasil posttest siswa termaksud dalam kategori tinggi 77,304 % hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap etika komunikasi interpersonal siswa meningkat menjadi 13%. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh  = 0,005. < α (0,005 < 0,05) dengan demikian  ditolak.  Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap etika komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kendari.

 

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Kelompok


References


Folastri, Sisca dan Itsar Bolo Rangka. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung. Mujahid Press.

Hakim, A. (2011). Upaya Meningkatkan Etika Berbicara Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Sosiodrama Kelas XII SMA Negeri Kudus Tahun pelajaran 2015/ 2016. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Latipun (2002). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.

Respati, Rio Ardiatma. (2010). Meningkatkan Komunikasi Anatarpribadi melalui Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Kerja Sama XI SMA Negeri 1 Muntilan Tahun Pelajaram 2015/2016. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali.

Winarti, Euis. (2009). Pengembangan Kepribadian. Yogyakarta: Graha ilmu.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 47 times
PDF Download : 34 times

DOI: 10.36709/bening.v4i2.12089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.