LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA

Ayu Andira(1), Wa Ode Suarni(2),


(1) Universitas Halu Oleo
(2) Universitas Halu Oleo
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Loghia melalui bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain one-grup pre-test post-test. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket penyesuaian sosial. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh P=0,05 diperoleh Pvalue = 0,012. Pvalue ˂ α (0,012 ˂ 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap penyesuaian sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Loghia.

 

Kata Kunci: Penyesuaian Sosial, Bimbingan Kelompok


References


Abidin, Zaenal dan Alief Budiyono. (2010). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Grafindo Litera Media

Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama.

Asrori M dan Ali M. (2017). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bungin, B. (2014). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Fitri. (2017). Pengaruh Penyesuaian Diri dan Penyesuaian Sosial terhadap Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol 3, No 8).

Folastri, Sisca dan Itsar Bolo Rangka. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung. Mujahid Press.

Gunarta, E.M. (2015). Konsep Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Sosial Mahasiswa Pendatang di Bali. Jurnal Psikologi Indonesia Vol. 4, No. 02, hal 183-194.

Hartinah, Sitti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hurlock, Elizabeth .B. (2008). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan (Edisi Ke 5). Jakarta: Erlangga.

Jayanti, U. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaram 2017/2018. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Julian dan Donald. (1966). Experimental and quasi experimental desigs for research. Amerika: Hanbook of Research on Teaching.

Latipun. (2002). Psikologi Eksperimen. Yogyakarta: UMM Press.

Nurfuad, A. (2013). Meningkatkan Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Juwana Tahun 2012/2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Prayitno dan Erman Amti. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling: Jakarta. PT Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut. (2000). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Winkel WS dan Sri Hastuti MM. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yanizon, Ahmad. (2014). Peningkatan Penyesuaian Sosial Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Batam: FKIP UNRIKA.

Yuliantini, S. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Sosial dengan Kenakalan Remaja pada Siswa SMP PGRI 7 Samarinda Seberang. Psikoborneo.Vol. 5, No 2, hal 386-399.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 33 times
PDF Download : 30 times

DOI: 10.36709/bening.v4i2.12088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.