LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGATASI KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Darmayanti Darmayanti(1), Sudarmi Suud Binasar(2),


(1) Universitas Halu Oleo
(2) Universitas Halu Oleo
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kecemasan belajar Matematika siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 10 Kendari melalui layanan bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pra eksperimen dengan desain one group pre test and post test.  Data dikumpulkan dengan menggunakan Skala Kecemasan Belajar Matematika. Hasil Penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi kecemasan belajar Matematika, hal ini berdasarkan skor kecemasan Matematika siswa dari 151,375 menjadi 131,75 atau 7,36% berada pada kategori rendah. Sedangkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test pada taraf signifikan α=0.05 diperoleh Pvalue=0.012. Pvalue<α (0.012<0.05). Dengan demikian hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi kecemasan belajar Matematika siswa SMP Negeri 10 Kendari.

 

Kata Kunci: Kecemasan belajar Matematika, Bimbingan Kelompok


References


Anita, Ika Wahyu. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol.3 No.1.

Aunurrofiq & Junaedi, Iwan. (2017). Kecemasan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah. Journal of Mathematics Unnes.

Baini, Rahmawati Saharuddin. (2018). Penerapan Layanan Informasi dengan Teknik Fun Game untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa SMP Negeri 5 Kendari. Skripsi Universitas Halu Oleo.

Handayani, Dwi Shinta. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Program Studi Teknik dan Informatika. Universitas Indraprasta PGRI. Vol.6 No.3

Hartatik & Fifi Khoirul Fitriyah. (2017). Identifikasi Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Vol.2 No.2.

Hartinah, Sitti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Lwin, dkk. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: PT Indeks.

Latipun. (2015). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.

Mammarella, C. Irene, Sara Caviola & Ann Dowker. (2018). Mathematics Anxiety What is Known and what is still to be Understood. London and New York: Routledge.

Rahman, Nursalam, & Tahir. (2015). Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. E-Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol.3 No.1.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2008). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syafri, Santri Fatrima. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika?. E- journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Vol.1 No.1.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Whyte & Anthony, Glenda. (2012). Math Anxiety: The Fear Factor in the Mathematics Classroom. New Zealand Journal of Teachers’ Works Vol. 9 Issue 1.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 47 times
PDF Download : 29 times

DOI: 10.36709/bening.v4i2.12085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.