PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KONTROL DIRI SISWA

Susmita Irdiana Putri Wekoila(1), Dodi Priyatmo Silondae(2),


(1) Universitas Halu Oleo
(2) Universitas Halu Oleo
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kontrol diri siswa di SMP Negeri 1 Konawe Selatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan menggunakan desain one group pre test and post test. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang siswa dari 25 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket skala kontrol diri siswa. Berdasarkan data hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa kontrol diri siswa sebelum diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah dengan persentase rata-rata mencapai 60,34%. Sesudah diberikan perlakuan, skor kontrol diri berada pada kategori tinggi persentase rata-rata mencapai 76,23%. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,008. Pvalue ˂ α (0,008 ˂ 0,05) dengan demikian Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kontrol diri siswa

 

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kontrol Diri


References


Ali, Mohammad & Mohammad Asrori. (2008). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaplin, James P. (2014). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fadillah, Supriyo & Mugiarso. (2013). Meningkatkan Pengendalian Diri Penerima Manfaat Melalui Bimbingan Kelompok Di Balai Rehabilitasi Mandiri. Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Vol 2. No 1. Hal 37-42.

Ghufron, Muhammad & Rini Risnawati. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Gunarsa, Singgih D. (2009). Dari Anak Sampai Usia Lanjut Bunga Rampai Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Hartinah, Siti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Hurlock, Elizabeth B. (2003). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan (Edisi 5). Jakarta: PT Erlangga.

Latipun. (2017). Psikologi Eksperimen Edisi Ketiga. Malang: UMM Press.

Prayitno & Erman Amti. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan Edisi Ketiga. Malang: Kencana Premedia Group.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Waluwandja, Petrisia & Zummy Anselmus. (2018). Upaya Pengendalian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Penelitan dan Pengembangan Pendidikan. Vol 1. No 1. Hal 109-123.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 62 times
PDF Download : 42 times

DOI: 10.36709/bening.v4i2.12084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.