PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 2 KENDARI

Risca Puspita Sari, La Ode Muharam, Jahada Jahada

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan peranan guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku bullying siswa MTsN 2 Kendari.Subyek dalam penelitian ini adalah Guru Bimbingan dan Konseling, Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Siswa MTsN 2 Kendari. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data yaitu merangkum pokok-pokok data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas tentang peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku bullying siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa guru bimbingan dan konseling berperan dalam mengatasi perilaku bullying melalui tindakan kuratif (rehabilitasi atau penyembuhan) dan berperan sebagai informator, sebagai fasilitator, sebagai mediator, sebagai evaluator dan  sebagai konselor dengan memberikan layanan konseling individu, konseling kelompok, mediasi dan layanan klasikal.

 

Kata kunci: guru bimbingan dan konseling, perilaku bullying


Full Text:

PDF

References


Anantasari, (2006). Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Chakrawati, F. (2015). Bullying Siapa Takut: Panduan untuk Mengatasi bullying. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Daryanto & Farid. (2015). Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum . Malang : Gava Media.

Fahrudin & Yusuf. (2012). Perilaku Bullying: Asesmen Multi Dimensi dan Intervensi Sosial. Jurnal Psikologi UNDIP, 11 (2): 3.

Flora, R. (2014). Mengurangi Perilaku Bullying Kelas X-4 Melalui Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing di SMA Negeri 12 Medan”. Jurnal Saintech, 06 (02): 39.

Hurlock, E.B. (1980). Psikilogi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, M.P. (2014). Perilaku School Bullying pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Delegan 2, Dinginan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Poerwadarminta. (2011). Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Sukmawati, M. (2015). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Siswa Menyontek Pada Siswa di SMAN 1 Moga Pemalang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Yandri, H. (2014). Peran Guru BK/Konselor dalam Pencegahan Tindakan Bullying di Sekolah STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Pelangi, 7 (1): 106-116.

Yunika, Alizamar & Sukmawati. (2013). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Negeri se Kota Padang. Jurnal Ilmiah Konseling, 2 (3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracting and Indexing:

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan dan Konseling) by Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP UHO was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Based on a work at 
https://ojs.uho.ac.id/index.php/bening/index 

Penerbit:

Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
e-mail office: jurnal_bening@uho.ac.id