FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB VANDALISME SISWA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

Reka Yanti, Alber Tigor Arifyanto, Abas Rudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab vandalisme siswa dan upaya penanggulangannya di SMA Negeri 6 Kendari. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, kepala sekolah, wali kelas, dan siswa SMA Negeri 6 Kendari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil Penelitian adalah faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa melakukan vandalisme di SMA Negeri 6 Kendari adalah faktor internal yaitu krisis identitas, kontrol diri yang lemah dan munculnya rasa iseng di dalam diri siswa untuk mencoba melakukan vandalisme tersebut. Kemudian faktor eksternal yaitu faktor dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Upaya penanggulangannya dengan memberikan layanan informasi, tindakan kuratif dan tindakan represif.  

 

Kata Kunci: Vandalisme


Full Text:

PDF

References


Aysel Yavuzl. (2011). The Effects Of Locational Factors On Vandalism In The Seaside Parks. Scientific Research And Essays Vol. 6.

Amara. (2013). Hubungan Antara Konformitas Negatif Dengan Tindakan Vandalisme. Jurnal Pendidikan.

Ani, Safitri. (2012). Pengaruh Budaya Hedonism Terhadap Timbulnya Vandalisme Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 1 No 2.

Isran, Elnadi. (2018). Vandalisme Koleksi di Unit. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol.2/ No.1.

Lase. (2003). Karakteristik Vandalisme. Jurnal Psikologi.

Marlini. (2013). Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Tindakan Vandalisme di Kantor Arsip Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Padang. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Nurotun, Mumtahanah. (2015). Upaya Menanggulangi Kenakalan Remaja Secara Preventif, Refresif, Kuratif dan Rehabilitasi. Jurnal Studi Keislaman, Volume 5 No 2.

Santrock, J.W. (2007). Adolescene: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Soetomo. (2015) Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukardi, Dewa Ketut. (2000). Pengantar Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumadi. (2016). Metedologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Dorothy L. Taylor, etc. (1997), Family Factors, Theft, Vandalism, and Major Deviance Among a Multiracial or Multiethnic Sample of Adolescent Girls”. Journal Of Social Distress and The Homeless. Vol. 6, No. 1. Florida: University of Miami.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.