HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN PADA SISWA SMP NEGERI 5 KENDARI

Fitrianingsih Fitrianingsih, La Ode Muharam, Sudarmi Suud B

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari yang berjumlah 412 siswa.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik propotional random sampling sebanyak 15%, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 63 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Mayoritas motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi yaitu 39 (61,90%). 2) Mayoritas minat baca di perpustakaan pada siswa berada pada kategori tinggi yaitu 37 (58,73%). 3) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Hal ini berdasarkan nilai koefisien korelasi (rxy) = 0,582 (rhitung> rtabel 0,254).

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Baca di Perpustakaan


Full Text:

PDF

References


Aditya, Rione. (2015). Hubungan Antara Minat Baca Dengan Kreativitas Verbal Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2013 Universitas Mulawarman Samarinda. E-Journal Psikologi, 3 (3), 596-610.

Aidha, Nindia Harnes Prima & Pratiwi, Titin Indah. (2013). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngariboyo. Jurnal BK UNESA, 03 (01), 216-224.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmono. (2007). Pengembangan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Perpustakaan Sekolah, 1 (1), 1-10.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. (2015). Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan sekolah Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kamadi & Sunariah, Nia Siti. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Novriliam, Rio & Yunaldi. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 1 (1), 141-150.

Nugroho, Wiendi Dwi. (2015). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Rakit Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2 (4), 1-8.

Nursalina, Ade Irma & Budiningsih Tri Esti. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Minat Membaca Pada Anak.Educational Psychology Journal, 3 (1), 1-7.

Poerwadarminta. (2011). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: PT. Balai Pustaka (Persero).

Prabowo, Aan & Heriyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarangi, 2 (2), 1-9.

Pranomo, Wibowo Wisnu & Budihardjo. (2014). Hubunngan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Permesinan Di SMK Antartika 1 Sidoarjo, 3 (1), 114-120.

Prasongko, Sunu Anggar & Hariastuti Retno Tri. (2013). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Perpustakaan Sekolah Pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar.Jurnal BK UNESA, 4 (1), 7-9.

Prawira, Purwa Atmaja. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanti Willi, Firman & Sano Afrizal. (2013). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Asas Kerahasiaan Oleh Guru BK Dengan Minat Siswa Untuk Mengikuti Konseling Perorangan. Jurnal Ilmiah Konseling, 2 (1), 347-353.

Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyono, Yulian Adi, Sukarmin & Wahyuningsih Daru. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1), 118-126.

Siswati. (2010). Minat Membaca Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 8 (2), 124-134.

Slameto. 1986. Bimbingan Di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhana, Cucu. (2015). Konsep Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sutopo. (2015). Meningkatkan Motiivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Filmed Model. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingandan Konseling, 1 (1), 54-58.

Wahab, Rohmalina. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Winkel & Hastuti, Sri. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yetti, Rivda. (2009). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stress Lingkungan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, IX (1), 17-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.