Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Panduan Penulisan Artikel yang berlaku pada Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan dan Konseling) yaitu sebagai berikut:
1. Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan dan Konseling) terbit dua kali setahun.
2. Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian lapangan yang belum pernah dimuat pada jurnal ilmiah lainnya.
3. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia tidak lebih dari 15 halaman dengan template jurnal dapat dilihat pada alamat website. Artikel dikirim melalui ojs dengan register terlebih dahulu pada menu online submission dengan file artikel dalam bentuk Microsoft Word.
4. Kepastian pemuatan/penolakan naskah akan diberitahukan. Penulis yang artikelnya dimuat akan diinformasikan melalui OJS sedangkan artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format naskah.
5. Format penulisan artikel memuat:
• Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, dan penulis utama yaitu penulis pertama dan penulis korespondensi. Instansi ditulis secara lengkap (terdiri dari nama program studi/jurusan, nama fakultas dan nama universitas) dan e-mail dicantumkan hanya untuk penulis korespondensi

• Abstrak: Disusun dalam Bahasa Indonesia dan juga dalam Bahasa Inggris, ditulis menggunakan jenis huruf Times New Roman-11. Jarak antar baris 1 spasi. Abstrak berisi maksimal 150 kata dan hanya terdiri dari 1 paragraf. Abstrak minimal berisikan tujuan penelitian, jenis peneltian, subjek penelitian, metode pengumpulan data, teknik analisis data serta hasil penelitian.

• Kata kunci: ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris dengan 2 – 5 kata frase yang penting, spesifik, atau representatif bagi artikel yang disusun.

• Pendahuluan: Menjelaskan latar belakang masalah, pentingnya penelitian dilaksanakan, tinjauan pustaka singkat yang berkaitan langsung dengan penelitian atau temuan sebelumnya yang perlu dikembangkan, dan diakhiri dengan paragraf tujuan penelitian. Pendahuluan ditulis dengan Times New Roman 11 tegak, dengan spasi 1. Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam sekitar 4 cm dari tepi kiri tiap kolom. Rujukan artikel dalam jurnal ini yaitu maksimal 10 tahun terakhir yang berasal dari sumber primer untuk memperkuat justifikasi orisinalitas atau kontribusi dari judul penelitian ini.

• Metode Penelitian: Metode penelitian berisikan informasi mengenai lokasi dan waktu penelitian, jenis penelitian, subjek penelitian, metode pengumpulan data dan teknik analisis data penelitian serta hal-hal lain yang berkait dengan hal teknis lain dalam penelitian. Metode penelitian ditulis tanpa sub-sub bab. Isian metode penelitian disesuaikan dengan jenis penelitian yang dilaksanakan. Metode penelitian ditulis dengan Times New Roman 11 tegak, dengan spasi 1. Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam sekitar 4 cm dari tepi kiri tiap kolom.

• Hasil Penelitian dan Pembahasan:
o Hasil Penelitian: Hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik, tabel, atau deskriptif. Analisis dan interpretasi hasil ini diperlukan sebelum dibahas. Data yang disajikan bukan data mentah tetapi data yang telah dianalisis. Penyajian hasil penelitian pada tabel dan gambar perlu diberikan penjelasan/ ulasan tetapi tidak membahasnya secara detail. Tabel dituliskan di tengah atau di akhir setiap teks deskripsi hasil/ perolehan penelitian. Bila lebar Tabel tidak cukup ditulis dalam setengah halaman, maka dapat ditulis satu halaman penuh. Judul Tabel ditulis rata tengah, semua kata diawali huruf besar, kecuali kata sambung.

o Pembahasan: Pembahasan difokuskan pada mengaitkan data dan hasil analisisnya dengan permasalahan atau tujuan penelitian dan konteks teoretis yang lebih luas. Dapat juga pembahasan merupakan jawaban pertanyaan mengapa ditemukan fakta seperti pada data. Pembahasan ditulis melekat dengan data yang dibahas. Pembahasan diusahakan tidak terpisah dengan data yang dibahas. Pembahasan yang dibuat harus ditunjang fakta yang nyata dan jelas; dan unsur (what else) apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian orang lain perlu dijelaskan pula. Sangat disarankan agar pembahasan difokuskan pada mengapa dan bagaimana temuan penelitian dapat terjadi dan untuk memperluas temuan penelitian yang dapat diterapkan pada masalah lain yang relevan. Hasil penelitian dan pembahasan ditulis dengan Times New Roman 11 tegak, dengan spasi 1. Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam sekitar 4 cm dari tepi kiri tiap kolom.


• Kesimpulan dan Saran
o Kesimpulan: Kesimpulan harus ditarik atas dasar permasalahan penelitian, temuan penelitian serta tujuan penelitian. Kesimpulan dituliskan dalam bentuk paragraf, bukan dalam bentuk item list/ numbering. Kesimpulan ditulis dengan Times New Roman 11 tegak, dengan spasi 1. Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam sekitar 4 cm dari tepi kiri tiap kolom.

o Saran: Saran dapat berupa masukan bagi subjek penelitian, stakeholder di lokasi penelitian hingga peneliti berikutnya, dapat pula rekomendasi implikatif dari temuan penelitian. Saran dituliskan dalam bentuk paragraf, bukan dalam bentuk item list/ numbering. Saran ditulis dengan Times New Roman 11 tegak, dengan spasi 1. Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam sekitar 4 cm dari tepi kiri tiap kolom.

• Daftar Pustaka: Merujuk pada referensi yang digunakan dalam penyusunan artikel. Referensi yang digunakan minimal berjumlah 15 referensi dengan komposisi jurnal ilmiah paling minimal sebanyak 60% dari total referensi yang digunakan serta menerapkan prinsip kemutakhiran, yakni paling lama 10 tahun terakhir dari tahun artikel. Daftar Pustaka ditulis dengan meratifikasi APA edisi terbaru yang pengutipannya wajib menggunakan Aplikasi Mendeley.

• Pedoman penulisan artikel selanjutnya dapat dilihat pada template artikel yang telah disematkan pada laman jurnal

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.