Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Panduan Penulisan Artikel yang berlaku pada Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan dan Konselin) yaitu sebagai berikut:

  1. Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan dan Konselin) terbit dua kali setahun 
  2. Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian atau kajian teoritis dan belum pernah dimuat pada jurnal ilmiah lainnya.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia tidak lebih dari 15 halaman dengan  template jurnal dapat dilihat pada alamat website.  Artikel dikirim melalui ojs dengan register terlebih dahulu pada menu online submission dengan file artikel dalam bentuk Microsoft Word.
  4. Kepastian pemuatan/penolakan naskah akan diberitahukan.  Penulis yang artikelnya dimuat akan diinformasikan melalui OJS sedangkan artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format naskah.
  5. Format penulisan artikel memuat:
  • Judul : ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris dengan maksimal 18 kata dengan huruf times new roman, bold, rata tengah
  • Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, dan penulis utama yaitu penulis pertama dan penulis korespondensi. Instansi  ditulis secara lengkap dan e-mail  dicantumkan hanya untuk penulis korespondensi
  • Abstrak : ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris dengan jumlah tidak lebih dari 150, spasi 1, minimal memuat tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, kesimpulan dan saran.  
  • Kata kunci: ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris dengan 3 -5 kata frase yang penting, spesifik, atau representatif bagi artikel yang disusun
  • Pendahuluan : tanpa subjudul, memuat latar belakang masalah dan tinjauan pustaka seperlunya dan tujuan penelitian. Pendahuluan ditulis dengan TNR-11 tegak, dengan spasi 1. Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam sekitar 1 cm dari tepi kiri tiap kolom
  • Metode Penelitian : Berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, instrumen dan teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya. target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, data dan instrumen, dan teknik pengumpulan data, serta teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya dapat ditulis tanpa sub-subbab. Isian tulisan paragraf pada  metode disesuaikan dengan jenis penelitiannya
  • Hasil dan Pembahasan  : hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik, gambar, tabel, atau deskriptif. Analisis dan interpretasi hasil ini diperlukan sebelum dibahas. Tabel dituliskan di tengah atau di akhir setiap teks deskripsi hasil/perolehan penelitian. Bila lebar Tabel tidak cukup ditulis dalam setengah halaman, maka dapat ditulis satu halaman penuh. Judul Tabel ditulis dari kiri rata tengah, semua kata diawali huruf besar, kecuali kata sambung. Kalau lebih dari satu baris dituliskan dalam spasi tunggal . Hasil berupa gambar, atau data yang dibuat gambar/skema/grafik/diagram/sebangsa-nya, pemaparannya juga mengikuti aturan yang ada; judul atau nama gambar ditaruh di bawah gambar, dari kiri, dan diberi jarak 1 spasi dari gambar.Bila lebih dari 1 baris, antarbaris diberi spasi tunggal. Pembahasan difokuskan pada mengaitkan data dan hasil analisisnya dengan permasalahan atau tujuan penelitian dan konteks teoretis yang lebih luas. Dapat juga pembahasan merupakan jawaban pertanyaan mengapa ditemukan fakta seperti pada data?
  • Kesimpulan dan Saran :  generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, dapat pula berupa rekomendatif untuk langkah selanjutnya. Saran dapat berupa masukan bagi peneliti berikutnya, dapat pula rekomendasi implikatif dari temuan penelitian
  • Daftar Pustaka : berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian saja dan berpedoman pada pola kutipan APA (American Psychological Association) Style. 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.