PERBANDINGAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA LAKI-LAKI DENGAN SISWA PEREMPUAN

La Ode Abdul Jabar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbandingan motivasi berprestasi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP Negeri 1 Barangka Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Barangka Kabupaten Muna Barat pada tahun ajaran 2019/2020 berjumlah lima kelas dengan jumlah siswa 130 orang, sedangkan sampel penelitian diambil teknik proposional random sampling sebesar 25% yaitu sejumlah 34 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket berprestasi antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung -,689 < ttabel = 2,042 yang berarti bahwa terdapat perbedaan motivasi berprestasi siswa perempuan dengan motivasi berprestasi siswa laki-laki pada SMP Negeri 1 Barangka Kabupaten Muna Barat. 

Full Text:

PDF

References


Angelia, H. (2010). Perbedaan motivasi berprestasi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas VIII di SMP BOPKRI 3 Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 dan Implikasinya terhadap usulan topic-topik bimbingan. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasanah, N., Zulhelmi & Azizahwati. (2015). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender dalam Pembelajaran Fisika dengan Model collaborative Learning di Kelas X Madrasah Aliyah Al-Ihsan Boarding School Kampar. Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau, Vol. 2, No. 2.

Mangkunegaran, A. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rola, F. (2006). Hubungan Konsep Diri dengan Motivasi Berprestasi Pada Remaja. Skripsi. Universitas Negeri Sumatera Utara.

Santrock J.W. (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja). Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Santrock. John W. (2009). Perkembangan Anak (Edisi Kesebelas). (Terjemahan Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Shaleh, A, R., & Nisa, Y. F. (2006). Psikologi dan Industri: Cetakan Kesatu. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta dengan Jakarta Press.

Sukadji, S., & Evita E. S. (2001). Sukses di perguruan tinggi. Depok: Indonesia University Press.

Wijono, S. (2010). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Kencana.

https://tirto.id/isi-kursi-dpr-2019-2024-porsi-perempuan-meningkat-ehHG.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Halu Oleo

 

Contact Person:

Salmawati, 082345145429