PENGARUH PEMBELAJARAN TERPADU TIPE CONNECTED MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 KENDARI

Henny Irma Suriyani(1), Murni Sabilu(2), Safilu Safilu(3),


(1) FKIP Jurusan Pendidikan Biologi
(2) FKIP Jurusan Pendidikan Biologi
(3) FKIP Jurusan Pendidikan Biologi
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terpadu tipe connected menggunakan pendekatan scientific terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ialah jumlah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari dan tersebar dalam 7 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas VIII7 dengan jumlah siswa 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif untuk memberikan gambaran tentang keterampilan berpikir kritis. (2) analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil deskriptif menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yakni 83.33 dan 80,00. Berdasarkan standar deviasi 5,584 kelas eksperimen dan 6.124 kelas VIII2 menunjukkan bahwa kelas VIII7 memiliki standar deviasi yang rendah dibandingkan kelas VIII2 yang berarti tingkat keragaman keterampilan berpikir kritis siswa homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thit 2,205 > ttab 1,699 maka H0 ditolak pada tingkat signifikan 95%. Hal itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terpadu tipe connected menggunakan pendekatan scientific terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. 

Kata Kunci: Connected, Scientific, Sistem Pencernaan Manusia, Keterampilan Berpikir Kritis


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 176 times
PDF Download : 249 times

DOI: 10.36709/ampibi.v2i1.5060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.