EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 1 KONAWE SELATAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF SISWA

Isra Ningsih, Jahidin Jahidin, Suarna Samai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi selama pandemi covid-19 di MAN 1 Konawe Selatan  ditinjau dari perspektif siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA2 MAN 1 Konawe Selatan berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan angket (kuisioner) dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis yang dikemukakan oleh Miles and Huberma yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, reduksi data, data display, dan conclusion/verification. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan diperoleh bahwa pembelajaran daring pada mata pelajaran Biologi selama pandemi covid-19 berdasarkan skala likert tidak efektif. Analisis data pengujian presentase jawaban angket pada siswa XI IPA MAN Konawe Selatan pada kelas XI IPA 1 diperoleh sangat setuju 16 % setuju, 39,75 % ragu-ragu 3,75 % tidak setuju 34,75 % kemudian  6,25 % sangat tidak setuju. Kelas XI IPA 2 sangat setuju 11,83 %, setuju 44,33 %, ragu-ragu 3,83 %, tidak setuju 36,83 % sedangkan sanagt tidak setuju 3,17 %.

Keywords


Efektivitas; pembelajaran daring; pandemi covid-19

Full Text:

DOWNLOAD

References


Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421.

Fitriani, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19, Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9.

Handayani, S. (2019). Buku Model Pembelajaran Speaking Tipe STAD yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter Cooperative Learning. In Uwais Inspirasi Indonesia (p.3). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Haryadi, R., & Rosiana, I. (2020). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2), 136–141.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1.

Nguyen, T. (2015). The Effectiveness of Online Learning: Beyond No Significant Difference and Future Horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309–319.

Nur, M., Pradipta, D. G., & Maliki, O. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pjok Siswa Kelas Ix Di Mtsn 2 Semarang Selama Pandemi Covid–19. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR), 2(1), 108–125.

Oka, A. A., & Asih, T. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid - 19 Pada Mata Pelajaran Biologi SMA di Kota Metro. Bioedukasi, 12(2), 244–249.

Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.

Sugiyono., 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Yuniastari, N. L. A. K., & Wiyati, R. K. (2015). Pengukuran Tingkat Efektivitas dan Efisiensi Sistem Eresearch STIKOM Bali. Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 09(01), 9–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi

Indexed By: 
 
Smiley face        Smiley face    Smiley face

Organized by Universitas Halu Oleo

Published by Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Halu Oleo
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/ampibi
Email     : ampibi@uho.ac.id

Creative Commons License
 
Ampibi: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.