Melawan Hoax Melalui Talkshow Literasi Media Sosial

Waode Lusianai, La Ode Muhammad Golok Jaya, Aryuni Salpiana Jabar, Ikrima Nurfikria, Sitti Hairani Idrus, La Ode Efrianto, La Ode M Sulihin, Amin Tunda

Abstract


Perkembangan teknologi komunikasi mendorong akses dan penyebaran informasi menjadi tanpa batas dan tidak terkontrol. Penyebaran isu hoax, ujaran kebenjian (hate speech), hingga perilaku bullying di media sosial semakin banyak terjadi. Kurangnya pemahaman akan konten media sosial yang terindikasi melanggar UU ITE serta kesadaran atas sanksi hukum penyalahgunaan informasi menjadi dasar dilaksanakannya kegiatan yang bermitra dengan Pemuda di RT 1 Kelurahan Mokoau. Melalui kegiatan talkshow dan campaign anti hoax, hate speech dan bullying menjadi solusi menuju pengguna media sosial sehat dan beretika. Melalui talkshow, mitra berbagi dan mendapat pemahaman mengenai konten dan sanksi hukum atas UU ITE. Sedangkan campaign menjadi kegiatan lanjutan dengan menyebarkan selebaran untuk menjadi generasi cerdas bermedia sosial. Melalui kegiatan pengabdian ini mitra telah  mampu mengetahui dan mengidentifikasi konten media sosial yang sehat dan bebas dari pelanggaran UU ITE, membentuk sebuah gerakan sosial pemuda  sehat bermedia sosial melalui komunitas online dengan akun instagram @antihoaxandhatespeech  dan facebook @antiHoax Bullying.

Keywords: Hoax, Hate Speech, Bullying, Media Sosial, UU ITE.


Full Text:

Download File

References


Alyusi, S. D. 2018. Media Sosial Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.

Choirroh, L. U. 2017. Pemberitaan Hoax Perspektif Hukum Pidana Islam. Jurnal Hukum Pidana Islam, 3 Nomor 2.

Christiany Juditha. 2019. Literasi Informasi Melawan Hoaks Bidang Kesehatan di Komunitas Online. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, VOLUME 16, 77–90.

Junaedi, F. 2019. Etika Komunikasi di Era Siber : Teori dan Praktik. Depok: Rajawali Pers.

Lusianai, W. O. 2017. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik “ Media, Politik dan Anak Muda.” Isu Politik Di Media Sosial (Perspektif Konstruksi Realitas Media), 79–89. Kendari: FISIP UHO.

UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi Jurnal
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo

Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)