Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Kepada Guru Sekolah Dasar

Gida Kadarisma, Yusep Ahmadi F

Abstract


Pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dilatarbelakangi masalah masih rendahnya kemampuan guru-guru SD N Melong Mandiri 4 Kecamatan Cimahi Selatan dalam menggunakan media pemebelajaran berbasis ICT atau teknologi informasi dan komunukasi. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru Melong mandiri 4 Kecamatan Cimahi Selatan dalam menggunakan media pembelajaran berbasis ICT.  Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah berupa pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT kepada guru –guru SD Melong Mandiri 4 Cimahi Selatan. Media pembelajaran yang dimaksud adalah penggunaan power poin untuk mata pelajaran bahasa Indonesia dam Matematka serta penggunaan sowftwear geogerba untuk pembelajaran matematika serta penggunaan internet sebagai media pembelajaran. Hasil pelaksanaan pengabdian ini berhasil meningkatkan kemampuan guru-guru sebesar 28,2 % dalam menggunaan media pembelajaran berbasis ICT. Hasil  tersebut didapat dari hasil pengolahan data pretes dan posttest atas kegiatan pelatihan yang diberikan kepada guru-guru yang mengikuti pelatiahn ini. Pelaksanaan pengabdian ini dapat disimpulkan telah meningkatkan kemampuan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT pada guru-guru sekolah dasar dan respon guru-guru yang sangat baik menjadikan kegiatan ini menjadi lebih efektif dan bermakna.

Kata kunci: Pelatihan Pengunaan ICT, Media Pembelajaran Berbasis ICT, Guru Sekolah Dasar.


Full Text:

Download File

References


Ahmadi, Y. 2018. Pembelajaran Wacana Sebagai Landasan dalam Berliterasi Sastra untuk Meningkatkan Karakter Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 1, No. 1).

Ali, M. .2013. Peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi di universitas negeri Yogyakarta. Prosiding SENTIA Politeknik Negeri Malang.

Hapsari, A. E. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9.

Kadarisma, G., Senjayawati, E., & Amelia, R. (2019, October). Pedagogical Content Knowledge Pre-Service Mathematics Teacher. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1315, No. 1, p. 012068). IOP Publishing

Mufiidah, D. W., Haenilah, E. Y., & Sofia, A. 2019. Pembelajaran Berbantuan ICT dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Muhson, A. 2004. Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2).

Nursamsu, N., & Kusnafizal, T. 2017. Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 165-170.

Sulistiani, O. D., & Purnamasari, N. L. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Microsoft Excel Di Sman 1 Tulungagung. JOEICT(Jurnal of Education and Information Communication Technology) 3(2), 95 – 105

Riskiawan, H. Y., Setyohadi, D. P. S., & Arifianto, A. S. 2016. Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis multimediauntuk meningkatkan kualitas dan kreativitas guru sma. j-Dinamika, 1(1).

Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. 2017. Pemanfaatan Teknologi Komputer sebagai Media Pembelajaran pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi Jurnal
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo

Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)