Pelatihan Media Kahoot Pada Guru Dalam Proses Evaluasi Belajar

Jamiludin Jamiludin, Darnawati Darnawati, Waode Ade Sarasmita Uke, Anugrah Puspita Ayu M

Abstract


Media kahoot sangat bermanfaat untuk guru dan siswa dalam proses evaluasi baik di kelas maupun di luar kelas. Guru dan siswa hanya bermodalkan internet dan komputer/laptop, atau smartphone untuk mengimplementasikan media tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu pemberian pelatihan dan pendampingan pada guru dan siswa. Hasil dari pengabdian ini adalah adanya hasil positif dalam hal peningkatan daya saing dan tata nilai dalam bidang pendidikan pada binaan mitra. Peningkatan daya saing yang dimaksud adalah peningkatan kemampuan guru dan siswa memanfaatkan teknologi dan informasi. Disamping itu, perbaikan tata nilai pendidikan yang dimaksud adalah pemahaman para anak mengenai perilaku memanfaatkan teknologi seperti penggunaan handphone, tablet¸ dan laptop bukan hanya untuk bermain game, ataupun sosial media, tetapi teknologi juga dapat digunakan untuk belajar yaitu melalui media kahoot. Keberlanjutan program setelah PKM selesai sepenuhnya dikembalikan kepada pihak sekolah untuk melanjutkan implementasi aplikasi pembelajaran ini


Keywords


kahoot; media pembelajaran; pelatihan

Full Text:

Download File

References


Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Dellos, R. (2015). Kahoot! A digital game resource for learning. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 12(4), 49–52.

Gres, D.K.N. (2018). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 22-27. https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.32

Huang, W. H. (2011). Evaluating learners' motivational and cognitive processing in an online game-based learning environment. Computers in Human Behavior, 27(2), 694-704. https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.07.021

Ilmiah, N.H., & Sumbawati, M.S. (2019). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46-50. http://dx.doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p[46-50]

Irwan, Luthfi, Z.F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Omar, N. N. (2017). The Efffectiveness Of Kahoot Application Towards Students' Good Feeback Practice. International Journal of Social Sciences, 3(2), 2551-2562.

Setiawati, H.D., Sihkabuden, & Adi, E.P. (2018). Pengaruh Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Blitar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 273-278.

Sutirna. (2018). Game Education: Aplikasi Program Kahoot Dalam Tahap Apersepsi Proses Belajar Mengajar. Prosiding Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), 269–276.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i2.9661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat by http://ojs.uho.ac.id/index.php/amalilmiah was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit
FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. HEA Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)