APE Characteristic Family Doll Sebagai Media Story Telling Bagi Guru PAUD

Anita Afrianingsih, Muh Shofiyuddin, Aprilia Riyana Putri, Khalida Citra Dewi, M Misbahul Munir

Abstract


Metode mengajar bagi anak usia dini adalah mendongeng. Manfaat mendongeng, yaitu menambah wawasan kosakata, menambah perbendaharaan kata untuk mampu berkomunikasi. Media yang mudah didapatkan adalah boneka. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan keahlian guru dalam mendongeng dengan boneka berkarakteristik sebagai media. Hasil observasi bahwa sebagian guru masih kurang mahir dalam mendongeng disebabkan faktor kurang PeDe dan bingung cara mendongeng yang menarik. Pendampingan dalam pembuatan boneka berkarakteristik bagi guru PAUD Pelangi Guyangan. Program ini telah dilaksanakan melalui beberapa kegiatan, yaitu koordinasi dan perencanaan, perencangan model, pengadaan material, uji coba sample, penyerahan alat dan material, pelatihan, dan penerapan IPTEKS, selanjutnya dilakukan tahap monitoring. Capaian untuk pengabdian di PAUD Pelangi ini adalah para guru lebih mahir, ahli dan menarik dalam mendongeng bagi anak usia dini sehingga lebih antusias dalam mendengarkan cerita. Terdapat pesan moral dari cerita dan guru mempunyai bekal kreativitas dalam membuat alat peraga edukatif melalui pembuatan boneka berkarakteristik.


Keywords


APE characteristic family doll; guru PAUD; story telling

Full Text:

Download File

References


Aliyah, S. (2011). Pengaruh Metode Storytelling dengan Media Panggung Boneka terhadap Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Usia Dini :Studi Eksperimen Quasi di TK Negeri Pembina Kabupaten Majalengka. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Babuta, Y.Y.I., & Wahyurini, O. D. (2014), Perancangan Buku Pendidikan Karakter Toleransi dan Cinta Damai untuk Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Sains dan Seni Pomits, 3(1), 2337-3520. https://doi.org/10.12962/j23373520.v3i1.6060

Djuko, R.U. (2013). Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Di Paud Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Ejournal FIP UNG, 4(1), 671-681.

Halida. (2013). Meninjau Kompetensi Guru PAUD Lulusan Sarjana PG-PAUD di Pontianak. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 266-273. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3037

Marienda, W., Zainuddin, M., & Hidayat, E.N. (2015). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 147-155. . https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13271

Puspitasari, N. A., Hidayatullah, S., & Jupri, A. R. (2019). Revitalisasi Sastra Lisan Melalui Pelatihan Media dan Waktu Mendongeng Bagi Orang Tua dan Guru PAUD/TK Aisyiah Di Jakarta Selatan. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(2), 115-121. https://doi.org/10.29407/ja.v2i2.12541

Swestin, G., & Primasanti, K.B. (2014). Public Speaking Dalam Konteks Pengajaran. Jurnal SCRIPTURA, 4(2), 60-68. https://doi.org/10.9744/scriptura.4.2.60-68




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i2.9257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amal Ilmiah (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat by http://ojs.uho.ac.id/index.php/amalilmiah was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit
FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. HEA Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)