Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Berbasis E-Learning XHTML Editor

Ikman Ikman, Salim Salim, Abdin Abdin, Hendra Nelva Saputra

Abstract


Tujuan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru dalam bidang TIK  pada guru SMK Negeri 6 Kendari dan terdapat peningkatan kualitas pembelajaran dengan tersedianya media pembelajaran berbasis e-learning. Metode yang digunakan berupa metode ceramah, metode diskusi, dan metode praktek. Indikator keberhasilan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) adanya respon positif peserta terhadap pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis aplikasi e-learning XHTML editor; dan (2) Adanya produk bahan ajar yang dihasilkan peserta pelatihan yaitu bahan ajar berbasis aplikasi e-learning XHTML editor. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa (1) para guru telah memiliki pengetahuan membuat bahan ajar berbasis aplikasi e-learning XHTML editor, (2) para guru telah memiliki bahan ajar berbasis aplikasi e-learning XHTML editor, dan (3) para guru telah memiliki pengetahuan dalam membuat dan mengembangkan bahan ajar berbasis aplikasi e-learning XHTML editor, (4) guru memiliki respon positif terkait kegiatan pelatihan pembuatan bahan ajar interaktif berbasis e-learning XHTML editor.


Full Text:

Download File

References


Hao, X, et.al.. 2008. A New Layering Architecture of E-Learning System. In:LNCS ,vol 4823, 6th. International Conference on Web-based Learning. Edinburgh,UK 15-17 Agustus 2007. Jerman: Springer.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh: Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alvabeta

Prabowo, Dytta Lyawati., Nurmiyati, dan Maridi. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Materi Ekosistem sebagai Bahan Ajar di SMA N 1 Tanjungsari, Gunung kidul. Proceeding Biology Education Conference. Vol 13(1) hal: 192-195

Priyambodo, Erfan. 2010. Pemanfaatan Program Aplikasi Elearning Xhtml Editor dalam Penyusunan Media Pembelajaran Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA: Universitas Negeri Yogyakarta,

Salim, Prajono, Rahmad.,Kodirun, Salam, Moh.,Rahmat. 2018. Penggunaan Learning Management System (LMS) Berbasis Schology Dalam Pembelajaran Flipped Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika I Tahun 2018, 1, 274-281.

Seok, Soonhwa. 2008. The aspect of elearning. International Journal on ELearning, Proquest, 7(4), 725-741

Yazdi, Mohammad. 2012. E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2 (1), 143-152.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.8827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Amal Ilmiah (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)



Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat by http://ojs.uho.ac.id/index.php/amalilmiah was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit
FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. HEA Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)