Meningkatkan Kreatifitas Guru TK Dan RA Dalam Pembuatan Seni Kertas Origami Se-Provinsi Riau

Raihana Raihana, Alucyana Alucyana, Bahril Hidayat

Abstract


Karakteristik cara anak belajar dapat dijadikan acuan untuk memilih dan melaksanakan metode pembelajaran yang tepat untuk menstimulasi perkembangan motorik halus anak usia dini. Salah satu kegiatan yang dapat mendukung motorik halus anak yang belum banyak dikembangkan di TK dan RA adalah seni melipat kertas yang disebut Origami. Pembelajaran seni origami dapat meningkatkan kembali penurunan kreatifitas dan daya belajar anak yang dapat merangsang motorik halus anak. Tujuan dilaksanakan pengabdian masyarakat ini adalah menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan guru-guru TK dan RA tentang peningkatan kreatifitas mereka melalui media seni origami yang diberikan kepada anak usia dini di sekolah. Sedangkan metode yang dilakukan berupa pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari, yang berisi ceramah dan praktik. Hasil dari pelaksaan kegiatan Pengabdian ini adalah guru-guru TK dan RA merasa puas dan berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan kembali dan tidak hanya terpusat di satu tempat saja tetapi bisa dilakukan di daerah-daerah lain di provinsi Riau.

Kata kunci: Seni, Origami, Anak.


Full Text:

Download File

References


Claudia, Steffi,. Widiastuti, Ajeng, Kurnawan Mozes. 2018. Origami Game for Improving Fine Motor Skill for Children 4-5 Years Old In Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi. 2 (2).

Daryanto. 2009. Demostrasi Sebagai Metode Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Guslinda., Kurnia, Rita. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakarta Publishing.

Karmachela, Hira. 2008. Seni Origami. Jakarta: Azka Press.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Ningtya, Syerli N. 2018. Pengaruh Kegiatan Melipat Kertas Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiah Bustanul Athfal 3 Tambahsari Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Lampung.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Lingkup Perkembangan Motorik Halus Anak 4-5 Tahun.

Sihanani. Dyah. E. 2008. Origami, Folding, Topografi. Jurnal Arsitektur, 2 (2).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi Jurnal
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo

Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)