Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline

Darnawati Darnawati, Jamiludin Jamiludin, La Batia, Irawaty Irawaty, Salim Salim

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat KKN-Tematik memiliki tujuan yaitu kompetensi guru di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengalami peningkatan; sekolah pada mitra sudah memiliki multimedia pembelajaran interaktif yang siap untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas; menjadi citra pada sekolah mitra semakin baik karena sudah menggunakan pembelajaran berbasis TIK. Lembaga yang menjadi mitra program KKN-Tematik ini adalan sekolah-sekolah yang berada pada Pemerintah Kelurahan Wawombalata Kota Kendari. Mekanisme pelaksanaan dalam kegiatan ini dapat dikelompokkan menjadi 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Metode yang digunakan berupa metode ceramah, metode diskusi, wawancara, survey dan metode praktek lapangan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa (1) guru sekolah sasaran telah memiliki pengetahuan tentang konsep multimedia pembelajaran interaktif dan penggunaan aplikasi Articulate Storyline, (2) guru sekolah sasaran telah memiliki pengetahuan dalam mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dengan aplikasi Articulate Storyline, (3) guru sekolah sasaran telah memiliki multimedia pembelajaran interaktif yang dapat diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: Pemberdayaan Guru, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline


Full Text:

Download File

References


Anonim. 2019. Articulate Storyline untuk Media Pembelajaran Guru SD. [Online]. Tersedia: https://pustekkom.kemdikbud.go.id/articulate-storyline-untuk-media-pembelajaran-guru-sd/ [30 Mei 2019)

Cheng, G. 2009. Using game making pedagogy to facilitate student learning of interactive multimedia. Australasian Journal of Educational Technology, 25 (2), 204-220.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Istiqlal, Muhamad. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2 (1), 43-54.

Kurniawati, Inung Diah & Nita, Sekreningsih. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, 1 (2), 68-75.

Kuswanto, Joko & Walusfa, Yosita. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6 (2), 58-64.

Minkova,Yoana. 2016. Contemporary Multimedia Authoring Tools. International Journal of Engineering Science and Computing, 6 (10).

Nandi, 2006. Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Di Persekolahan. Jurnal “GEA” Jurusan Pendidikan Geogarafi, 6 (1).

Nopriyanti & Sudira, Putu. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5 (2), 222-235.

Pratama, Ryan Angga. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. DIMENSI, 7 (1), 19-35.

Purnama, S. I., & Asto B, I Gusti Putu. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 275–279.

Qosyim, Ahmad & Priyonggo, Ferit Very. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash Untuk Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2 (2), 38-44.

Rafmana, Hesta., Chotimah, Umi., & Alfiandra. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang, Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5 (1), 52-65.

Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Salim. 2017. Penggunaan E-Learning Edmodo Pada Mahasiswa Jurusan PG-PAUd Universitas Halu Oleo. Jurnal Smart Paud, 1 (1), 26-32.

Tarigan, Darmawaty dan Siagian, Sahat. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2 (2), 187-200.

Yasin, Apin Nasifah & Ducha, Nur. 2017. Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Bioedu (Berkala Ilmiah Pendidikan Bioologi), 6 (2), 169-174.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi Jurnal
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo

Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)