Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pengembangan Usaha Kabuto Dan Rekayasa Alat

Hasby Hamyat, Hastian Hastian, Sunaryo Sunaryo

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam pengusulan PKM Pengembangan Usaha “Kabuto” dan Rekayasa Alat  di Desa  Kontunaga  Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara adalah membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan target yang ingin dicapai mampu meningkatkan produktifitas para produsen dan pengecer “Kabuto” yaitu  melalui rekayasa alat pengeringan dan fermentasi, penyuluhan dan pelatihan tentang manajemen pemasaran dan manajemen keuangan. Mitra   dalam   program kemitraan  masyarakat ini adalah: kelompok produsen “Kabuto”  Ibu Wa Ndoisa  sebagai mitra 1, dan kelompok pengecer Ibu Wa Murikawa  sebagai mitra 2. Untuk mencapai tujuan dan target program PKM ini, maka mitra diberi pelatihan/Penyuluhan  dan pendampingan selama kegiatan ini berlangsung.  Hasil yang dicapai dari aspek produksi telah melakukan pembuatan alat pengeringan dan alat fermentasi setra bimbingan tehnis penggunaan alat pengeringan dan alat fermentasi. Sedangkan dari segi aspek kelompok, keuangan dan pemasaran telah dilakukan yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang pentingnya memahami perilaku kelompok, pemahaman tentang pemasaran dan keuangan.

 

Kata kunci: Pengembangan Usaha, Rekayasa Alat, Kabuto.


Full Text:

Download File

References


Cahyaningdyah, Dwi. & Ressany, Yustieana Dian. 2012. Pengaruh Kebijakan Manajemen Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Manajemen, 3 (1), 20-28.

Diniaty, Dewi & Agusrinal. 2014. Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 11 (2), 175 – 184.

Heizer dan Render, Barry. 2014. Operation Management Sustainability and Supply Chain Management: 11th Edition. Pearson.

Noesa, Mahaji. 2015. Kabuto Pulau Muna yang Kian Tersudut. [Online]. Tersedia: https://www.kompasiana.com/mahajinoesa/54f353fe745513992b6c70d8/kabuto-pulau-muna-yang-kian-tersudut . [1 Oktober 2019].

Swasta. D, Basu., & Handoko, T.Hani. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama BPFE UGM Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.8719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Amal Ilmiah (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)



About license:
 
Creative Commons License
Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat by http://ojs.uho.ac.id/index.php/amalilmiah was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit
FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. HEA Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)