Perbaikan Manajemen Keuangan Kelompok Masyarakat/UMKM Dalam Kemitraan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)

Niswatin Niswatin, Imran R Hambali, Ayu R Wuryandini

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah. Perguruan Tinggi memiliki peran andil dalam mengimplementasi  pemberdayaan masyarakat. Wujud kepedulian Perguruan Tinggi tercermin dalam program kegiatan pengabdian kepada masyarakat salah satunya program KKS Pengabdian dengan melibatkan dosen dan mahasiswa. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Desa Jatimulya Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Tujuan dari KKS Pengabdian ini untuk: (1) memberikan pengetahuan pada kelompok masyarakat/usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) tentang manajemen keuangan dan penyusunan laporan keuangan usaha, (2) meningkatkan partisipasi kelompok masyarakat/UMKM dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) melalui pemberian pengetahuan tentang pengelolaan BUMDesa. Tahapan kerja yang dilakukan oleh tim pelaksana dalam program KKS pengabdian ini adalah memberikan pelatihan serta melakukan pendampingan dalam penataan manajemen keuangan dan penyusunan laporan keuangan kelompok masyarakat/UMKM kemitraan BUMDesa. Hasil yang diharapkan dari program KKS pengabdian ini adalah dapat menunjang perbaikan manajemen keuangan kelompok masyarakat/UMKM dan BUMDesa yang ada di desa Jatimulya Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo sehingga taraf hidup masyarakatnya meningkat dan produktivitas BUMDesa meningkat demi tercapainya kesejahteraan hidup masyarakat.

 

Kata kunci: Manajemen Keuangan, laporan keuangan, dan BUMDesa


Full Text:

Download File

References


Andriani, L., Atmadja, A. T., & Sinarwati, N. K. S. 2014. Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis Sak Etap Pada Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) ( Sebuah Studi Intrepetatif Pada Peggy Salon) Jurusan Akuntansi Program S1. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1).

Bowen, Michael, M. M. and S. M. 2009. Management Of Business Challenges Among Small And Micro Enterprises In Nairobi-Kenya. KCA Ournal of Business Management, 2 (1), 16–31.

Chabib Sholeh. (n.d.). Pengelolaan Keuangan Desa. Bandung: Fokus Media.

Hamid, E. S. dan Y. S. S. 2011. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12 (1), 45–55.

Inggarwati, K. dan A. K. 2010. Peranan Faktor-Faktor Individual Dalam Mengembangkan Usaha Studi Kuantitatif pada Wirausaha Kecil di Salatiga. Jurnal Manajemen Bisnis, 1 (2), 182–202.

Krajnakova, E., Navikaite, A., & Navickas, V. 2015. Paradigm Shift of Small and Medium-Sized Enterprises Competitive Advantage to Management of Customer Satisfaction. Inzinerine Ekonomika-Engineering Economics, 26 (3), 327–332.

Permendes Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan, Pemilikan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Purnomo, R. dan S. L. 2010. Pengaruh Kepribadian, Self-Efficacy, Dan Locus Of Control Terhadap Persepsi Kinerja Usaha Skala Kecil Dan Menengah. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 17 (2), 144–161.

Rudiantoro, R. dan S. V. S. 2012. Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi Sak Etap. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 9 (1), 1–21.

Sijabat, S. 2009. Potret Iklim Usaha Pemberdayaan UMKM. Infokop Volume, 16, 1–17.

Widyani, W. M. 2013. Pentingnya Pola Kemitraan Dalam Rangka Meningkatkan Peran dan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Jawa Timur Periode 2006 – 2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2 (2), 1–12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi Jurnal
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo

Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)