Peningkatan Kompetensi PTK Guru SD melalui Pendampingan PkM di Masa Pandemi

Srikandi Octaviani, Dian Reftyawati

Abstract


Kegiatan ini dilatar belakangi karena masih banyak guru yang belum paham mengenai apa itu PTK, bagaimana melakukan PTK, dan bagaimana membuat laporannya menjadi sebuah karya ilmiah, serta bagaimana sistematika penyusunan karya ilmiah. Masalah ini menimbulkan kendala bagi guru yang akan melakukan proses kenaikan jabatan atau untuk memperoleh sertifikasi. Karena itu kegiatan ini bertujuan memberi pemahaman mendalam pada guru sekolah dasar (SD) mengenai PTK dan bagian-bagiannya. Dalam kegiatan ini menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi, diskusi, tanya jawab, sharing dan praktek menyusun kerangka penelitian dengan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini peserta berhasil menyusun kerangka penelitian dari pengalaman mengajar sehari-hari dan dapat dikembangkan menjadi proposal serta laporan penelitian yang dapat di aplikasikan langsung dikelas masing-masing. Hendaknya kegiatan pendampingan seperti ini lebih sering dilakukan, karena meskipun telah banyak pengabdian ataupun kegiatan serupa yang dilakukan diberbagai daerah namun tetap belum mampu mengatasi kendala guru dalam menyusun atau menulis karya ilmiah.


Keywords


guru sekolah dasar; karya ilmiah; pendampingan; ptk.

Full Text:

Download File

References


Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar, 1(1), 1-19.

Chairunnisa, C., Istaryatiningtias., & Khuluqo, I. E. (2020). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 22-30.

Dihamri, Haimah., & Srifitriani, A. (2018). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SD Negeri Di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Jurnal Pengabdian Msyarakat Borneo, 2(1), 60-66. https://doi.org/10.35334/jpmb.v2i1.431

Dharmayasa, P. A., & Vijaya, D. P. (2020). Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Meningkatkan Profesiobalisme Guru SD. Prosiding Senadimas Undiksha, 990-997.

Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39-46. https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2289

Mantasiah, R., Anwar, M., Rivai, A. A., & Rivai, A. T. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Kemmapuan Guru Di Kabupaten Pangkep. Jurnal Dedikasi, 22(2), 110-116. https://doi.org/10.26858/dedikasi.v22i2.16116

Minggi, I., Mulbar, U., Nasrullah., & Zaki, A. (2019). Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Dalam Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Prosiding Seminar Nasional, 473-476.

Rosadi, M., & Siregar, B. J. (2019). PKM Pembinaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Sebagai Profesionalisme Kinerja Guru Melalui Model PBL dan PT (Open Ended). Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 679-685.

Salim, Karo-karo, I. R., & Haidir. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah). Medan: Perdana Publishing.

Sutoyo., & Wartoyo. (2019). Pelatihan Penelitian Kelas Tingkat Lanjut Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Sukoharjo. ADIWIDYA (Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi), 2(2), 99-101. http://dx.doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3363

Sutrisno & Zuhri, M. S. (2019). PKM Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Journal Of Dedicators Community UNISNU 3(1), 53-61. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i1.793

Ulia, N., KD, R. F., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., Jupriyanto, & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan Kelompok Guru SD di Kecamatan Genuk Tentang Pemahaman Metodologi Penelitian Pendidikan (action Research & Experiment) dan Penyusunan artikel Jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32-49. http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.1.1.32-47.

Utami, I. S., Denny, Y. R., & Guntara, Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Melalui Metode Pelatihan, Penerapan dan Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar Di Jawa Barat Dan Banten. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Zetriuslita, Ariawan, R., & Rugaiyah. (2020). Penulisan Karya Ilmiah (PTK) bagi Guru-Guru SD Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepuluan Meranti-Riau. Community Education Enggagement Journal, 1(2), 72-83.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Srikandi Octaviani, Dian Reftyawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat by http://ojs.uho.ac.id/index.php/amalilmiah was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit
FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. HEA Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)