Pelatihan E-Petty Cash Untuk Menyiapkan Guru SMK Agar Memiliki Kompetensi Literasi Digital
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi administrasi perkantoran harus diimbangi dengan kepemilikan kompetensi literasi digital oleh guru SMK. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membekali kompetensi literasi digital dengan cara memberikan pelatihan e-petty cash kepada guru-guru SMK kompetensi keahlian OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran). Metode yang digunakan adalah dengan mengembangkan sebuah aplikasi e-petty cash kemudian memberikannya kepada pihak MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) OKTP Kabupaten Tulungagung serta melatihnya dengan cara melakukan praktik terbimbing secara bersama-sama. Hasil yang didapat guru-guru MGMP OTKP Kabupaten Tulungagung memiliki aplikasi e-petty cash serta dapat mengoperasikannya kemudian menjadikannya sebagai salah satu media pembelajaran dalam mengajar peserta didik di sekolah.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD FILEReferences
Direktorat PSMK. "Data Pokok SMK". http://psmk.kemdikbud.go.id/. http://datapokok.ditpsmk.net/sekolah?menu=0&ubah=&id_prov=050000&id_kab=051600&id_kec=&id_bidang=35&id_program=35281&id_kompetensi=35281530&sts=&cari= (diakses 5 september 2020)
Donthu, N., & Gustafsson, A. (2020). Effects of COVID-19 on Business and Research. Journal of Business Research, 117, 284-289. doi: 10.1016/j.jbusres.2020.06.008
Grunwitz, K. (2019). The future is Society 5.0. Computer Fraud & Security, 2019(8),1- 20. https://doi.org/10.1016/S1361-3723(19)30087-9
Kadarisma, G., & F Ahmadi, Y. (2019). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Kepada Guru Sekolah Dasar. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35-40. http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.9710
Lev, B. (2018). The deteriorating usefulness of financial report information and how to reverse it. Accounting and Business Research, 48(5), 465-493. doi: 10.1080/00014788.2018.1470138
Matt, D. T., & Rauch, E. (2020). SME 4.0: The Role of Small- and Medium-Sized Enterprises in the Digital Transformation. Industry 4.0 for SMEs: Challenges, Opportunities and Requirements, 3–36. doi: 10.1007/978-3-030-25425-4_1
Meyers, E. M., Erickson, I., & Small, R. V. (2013). Digital literacy and informal learning environments: An introduction. Learning, Media and Technology, 38(4), 355–367. doi: 10.1080/17439884.2013.783597
Muriithi, P., Horner, D., & Pemberton, L. (2016). Factors Contributing To Adoption and Use of Information and Communication Technologies Within Research Collaborations in Kenya. Information Technology for Development, 22(sup1), 84–100. https://doi.org/10.1080/02681102.2015.1121856
Setyorini, D., & Churiyah, M. (2016). Increasing Activeness and Learning Outcomes by Developing Borland Delphi 7.0 Application as Instructional Media. Journal of Education and Practice, 7(14), 129-140.
Sudibjo, N., Idawati, L., & Harsanti, H. R. (2019). Characteristics of Learning in The Era of Industry 4.0 and Society 5.0. 276–278. Atlantis Press. Diambil dari https://www.atlantis-press.com/proceedings/icoet-19/125925095
DOI: http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v2i1.13976
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat by http://ojs.uho.ac.id/index.php/amalilmiah was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penerbit
FKIP Universitas Halu Oleo
Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. HEA Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id
Support Contact (WhatsApp)
- Salim (085341614860)
- Wahyudin Madil (085241992223)