Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis High Order Of Thinking Skills

Ramly Ramly, Jafar Ahiri, Hasniah Hasniah, Sahibu Sahibu

Abstract


Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pada dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis HOTS dengan mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter (PPK), creatical thinking, creative, colaborative, comunicatif (4C), dan high order of thinking skills (HOTS) dalam satu RPP yang selama ini dibuat secara terpisah. Pelatihan penyusunan perangkat pembelajran berbasis HOTS ini dilakukan di SMP Negeri SATAP Suandala, pada bulan Oktober sampai November 2019, dan diikuti oleh 25 orang guru SD dan SMP di Kecamatan Lasalimu. Hasil observasi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis HOTS menunjukkan bahwa (1) peserta telah dapat menyusun perangkat pembelajaran berbasis HOTS, (2) peserta telah dapat mengembangkan bahan ajar dan LKS untuk digunakan saat pembelajaran di kelas, dan (3) peserta telah dapat menyusun instrumen evaluasi untuk mengukur Pengetahuan, sikap dan keterampilan.


Keywords


berbasis HOTS; perangkat pembelajaran; PPK; 4C.

Full Text:

Download File

References


Barry, M. (2012). What skills will you need to succeed in the future? Phoenix Forward (online). Tempe, AZ: University of Phoenix.

Griffin, P., McGaw, B., & Care, E. (Eds.). (2012). Assessment and Teaching of 21st Skills. New York: Springer Publishing Company.

Kang, M., Kim, M., Kim, B., & You, H. (2012). Developing an Instrumen to Measure 21st Century Skills for Elementary Student.

National Scientific Council on the Developing Child. (2011). Building the Brain's "Air Traffic Control" System: How Early Experiences Shape the Development of Executive Function. Working Paper 11. Cambridge: Center on the Developing Child at Harvard University.

Ndeot, F. (2019). Pentingnya Pengembangan Kurikulum di PAUD. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 30-36.

Partnership for 21st Century Skills. (2009). Learning for the 21st century skills. Tucson: Partnership for 21st Century Skills.

Rotherham, A. J., & Willingham, D. (2009). 21st Century Skills: the challenges ahead. Educational Leadership, 67(1), 16-21.

Sari, A.K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4c (Collaboration, Communication, Critical Thinking, and Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455-466.

Sipayung, H.D., Rahmatsyah, Sani, R.A., Bunawan, W., & Lubis, R.H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Inquiry terhadap Keterampilan 4c Siswa Di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 29-38. https://doi.org/10.22611/jpf.v8i1.10639

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran problem based learning dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260-271. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275

Trisdiono, H. (2013). Strategi Pembelajaran Abad 21. Retrieved 20 Mei 2020 from https://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/strategi-pembelajaran-abad-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i2.11672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat by http://ojs.uho.ac.id/index.php/amalilmiah was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit
FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. HEA Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)