Peningkatan Kesadaran Masyarakat Terhadap PAUD Dan Pelatihan Pembelajaran Inovatif Pada Bunda PAUD

Yuliana Yuliana, Bahtiar Bahtiar

Abstract


Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat yang masih kurang peduli akan pendidikan anak di usia dini dan membantu para tenaga pengajar dalam pembelajaran inovatif di PAUD Koya Tengah. Teknik pengumpulan data yaitu studi lapangan. Studi lapangan melalui data observasi, wawancara dan dokumentasi serta studi kepustakaan untuk mendukung permasalahan. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah metode kualitatif yang hasil penelitiannya berupa narasi atau teks. Dan dari hasil pengabdian masyarakat  yang dilakukan oleh penulis kesadaran penduduk di kampung Koya Tengah dan orang tua murid di PAUD Koya Tengah masih sangat kurang. Dan masih butuhnya bimbingan tenaga pengajar melalui pelatihan pembelajaran inovatif . Sehingga dengan adanya kegiatan penyuluhan yang menargetkan para warga kampung Koya Tengah dan orang tua murid di PAUD Koya Tengah serta pelatihan pada bunda PAUD menjadi solusi untuk kemajuan dan perkembangan anak serta PAUD Koya Tengah yang berada di lingkungan Distrik Muara Tami

Keywords


kesadaran pendidikan anak usia dini; pelatihan; pendidikan; usia dini

Full Text:

Download File

References


Akbar, Z. (2017). Program Peningkatan Keterlibatan Orangtua Melalui Kegiatan seni Pada Anak Usia Dini. Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 53-60. https://doi.org/10.21009/sarwahita.141.07

Arianti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 8(1), 50-58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Efianingrum, A.(2007). Kultur Sekolah yang Kondusif bagi Pengembangan Moral Siswa. Jurnal Dinamika Pendidikan, 1(4).

Fatmawati, E, Putri, S., Astuti, S. (2019). Peningkatan Motivasi Dalam Pendidikan Anak usia Dini Melalui Parenting Class Di PAUD Buah Hati Bunda. Jurnal Abdimas Madani, 1(1), 33-36.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games For Optimalize Cognitive Aspects In early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162-169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. NADWA- Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245-260. http://dx.doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Khasanah, U. (2017). Analisis Praktik Pelibatan Orang Tua Dan Masyarakat Dalam Kegiatan Kreatif Anak Usia Dini :. Studi Kasus di TK Pertiwi Ds.Tambah Rejo, Kec. Tunjungan Kab. Blora. NADWA- Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 176-198. http://dx.doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1552

Megawangi, R. (2007). Semua Berakar Pada Karakter. Jakarta: Lembaga Penerbit FEKON UI.

Miles, M. B., & Huberman, A.M. (1984). Qualitatitive Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. London:Sage Publications.

Musi, M.A., Amal, A., & Hajerah. (2015). Pengasuhan Anak Usia Dini Perspektif Nilai Budaya Pada Keluarga Bajo Di kabupaten Bone. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 18(1), 39-49.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Prasanti, D., & Fitriani, D.R., (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13-19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Rusdianti, K. (2008). Pembinaan Budaya Dalam Keluarga. Bogor : IPB.

Sairin, S. (2003). Kultur Sekolah dalam Era Multikultural. Makalah Seminar Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pengembangan Kultur Sekolah, Pascasarjana, UNY.

Trisnantari, H.E. (2014). Pemberdayaan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kecamatan Kedungwaru Dalam Membentuk Karakter Anak Yang Kreatif. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(1), 1–9. http://dx.doi.org/10.29100/j-adimas.v2i1.295

Tudor, S. L. (2013). Formal, non formal, informal in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 76, 821-826. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.213

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visimedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i2.11394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat by http://ojs.uho.ac.id/index.php/amalilmiah was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit
FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. HEA Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)