Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Salwiah Salwiah, Dorce Banne Pabunga, Isna Findrawati, Hernina Hernina, Wd Salfina, Asmuddin Asmuddin

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kegiatan kognitif anak melalui pembelajaran bermain sains di TK Islam Insan Unggul. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa: 1) Peserta antusias menerima materi kegiatan pembelajaran menggunakan metode eksperimen, dan merasa senang karena ada pengalaman yang diterima 2) Aktivitas ini berhasil memberikan pengalaman kepada 20 guru pendidikan anak usia dini di TK Islam Insan Unggul kota kendari, 3) Anak melakukkan praktek langsung dengan menggunakan bahan yang aman dan murah, serta mudah didapat. 4) Anak memahami pembelajaran tentang proses kegiatan eksperimen terjadinya gunung meletus dengan menggunakan media playdough. Pembelajaran ini dilakukan melalui kegiatan bermain dengan tujuan untuk mengembangkan 6 aspek perkembangan anak usia dini yaitu (1) pengembangan nilai moral dan agama, (2) pengembangan koginitif, (3) pengembangan bahasa, (4) pengembangan sosial emosional (5) pengembangan motorik, dan (6) pengembangan seni.


Keywords


eksperimen; metode; pembelajaran; playdough

Full Text:

Download File

References


Angraeni, N., Arvyaty, & Salim (2018). Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Papan Flanel. Jurnal RIset Golden Age PAUD UHO, 1(3), 190-194. http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9105

Ardyatmika, I.A., Parmiti, D.P., & Ujianti, P.R. (2016). Penerapan Metode Bermain Melalui Media Playdough Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).

Bredecamp, (2012). The Whole Child Developmental Educational for the Early Years. New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs.

Kamtini, & Khairani, M. (2018). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A. 2014/2015. Jurnal Usia Dini, 4(2), 31-38.

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan anak, 4(2), 102-119. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155.

Kholbergh, L. (2017). Child Development. Tokyo: Nc.Graw-Hill.

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106-117.

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi 13(2), 27-35. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590.

Sari, I., & Rakimahwati. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Playdough Di Taman Kanak-Kanak Qur’aniah Air Runding Pasaman Barat. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 107-113. https://doi.org/10.29210/3003279000.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 angka 14 mengenai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i2.10050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat by http://ojs.uho.ac.id/index.php/amalilmiah was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit
FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. HEA Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari Sulawesi Tenggara, Email: amal.ilmiah@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp)

  1. Salim (085341614860)
  2. Wahyudin Madil (085241992223)