BENTUK INTERVENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI SISWA BERMASALAH (Studi di SMA Negeri 1 Gu Kabupaten Buton Tengah)

Wa Aisa(1), La Ode Monto Bauto(2), Megawati Asrul Tawulo(3),


(1) Universitas Halu Oleo
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian Ini  Bertujuan Untuk Mengetahui Faktor Penyebab Siswa Yang Bermasalah Di SMA Negeri 1 Gu Kabupaten Buton Tengah Dan Untuk Mengetahui Bentuk Intervensi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Siswa Bermasalah  Di SMA Negeri 1 Gu Kabupaten Buton Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, dan dokumentasi dengan informan sebanyak 12 orang Hasil penelitian ini  menunjukan bahwa faktor yang menyebabkan siswa bermasalah di Sekolah SMA Negeri 1 Gu Kabupaten Buton Tengah yaitu faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal yaitu (1) sikap terhadap belajar siswa (2) motivasi belajar siswa.(3) kosentrasi belajar,(4)kemampuan berprestasi. (5) rasa percaya diri siswa sangat minim terutama dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. faktor ekternal yaitu: (1) keluarga broken home, kebanyakan dari siswa yang bermasalah disebabkan oleh keluarga yang tidak harmonis lagi, yang dimana siswa masih membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari kedua orang tuanya. (2) rendahnya tingkat pendidikan  orang tua, (3) Lingkung Sosial. (4) Bentuk Intervensi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Siswa Bermasala yaitu dengan melakukan konseling individu dan konseling kelompok yang dilakukan oleh guru bimbingan kornseling dalam penyelesaian masalah dimana guru BK melihat permasalahan siswa yang sama dan dikumpulkan dalam satu ruangan untuk menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi dengan pemberian motivasi terhadap siswa.

References


Alwi F, S 2018. Proses Kominukasi Guru Bimbingan Konseling dalam Proses Belajar (Studi Kasus SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta). Vol 2 No. 2 Universitas Muhammdaiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Irwansa. A. 2015. Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa di SMK.

Negeri 1 Makassar. Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Prayitno dan Erman Amti. 2014. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta PT.Rineka Cipta

Undang-undang sisdiknas No.20 tahun 2003 tentang sytem pendidikan.

Upe, Ambo. 2016. Metode Penelitian Sosial (Filosofi dan Desain Praktis). Kendari . Literacy Institute.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 115 times
PDF Download : 288 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.