Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Klasifikasi Benda

Yuli Saputri, Salwiah Salwiah, Afifah Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan klasifikasi benda di Kelompok B TK Tunas Mandiri Kabupaten Bombana. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B3 TK Tunas Mandiri Kabupaten Bombana yang berjumlah 16 orang anak didik yang terdiri atas 7 anak perempuan dan 9 anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh  persentase ketercapaian sebesar 73,3%, sedangkan aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 66,7%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93,3%, sedangkan persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 91,7% dan hasil belajar anak berupa peningkatan  kemampuan kognitif anak melalui kegiatan klasifikasi benda meningkat sebesar 87,5%.

 

Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Anak, Kegiatan Klasifikasi Benda


Full Text:

UNDUH FILE

References


Ali Nugraha, dkk. 2005. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta: Universitas. Terbuka.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hildayani, Rini. 2005. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas. Terbuka.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). 2005. Jakarta: PT (Persero) penerbitan dan percetakan. Anjani.

Monks, F.J., Knoers, A.M. P. & Haditono, S.R. 2006. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sefeldt, Carol & Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini (menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah). Jakarta: PT Indeks.

Siti, Partini Suardiman. 2003. Metode Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY.

Soemiarti Patmonodewo. 2003. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta:Rineka. Cipta.

Susanto, Ahmad, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : Pedagogia.

Wardani Igak & Wihardi Kuswaya. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Witherington,H.C. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Aksara Baru,1999




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i3.9195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id