Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Lari Estafet

Rurin Dwiningsih, Aisyah Aisyah, Husain Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan lari estafet di Kelompok B TK Negeri Melati Mekar Kecamatan Wolasi Kabupaten Konawe Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B TK Negeri Melati Mekar Kecamatan Wolasi Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh ketercapaian sebesar 71,43%, pada aktivitas belajar anak didik siklus I diperoleh ketercapaian sebesar 64,29%, pada hasil belajar anak didik pada siklus I diperoleh persentase sebesar 68,75%. Sedangkan pada siklus II hasil aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 92,86%, aktivitas belajar anak didik pada siklus II meningkat menjadi 85,71%, hasil belajar anak didik meningkat sebesar 93,75%

 

Kata kunci: Motorik Kasar, Permainan, Lari Estafet


Full Text:

UNDUH FILE

References


Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Decaprio, R. 2013. Aplikasi teori pembelajaran motorik di sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Sistematis Pendidikan Nasional. Jakarta: Citra Umbara.

Depdiknas. 2004. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Eni, Ermawati. 2015. Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Melalui Permainan Balap Karung Estafet Pada Kelompok BI Paud Supriyadi Semarang. PAUDIA:Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (1), 153-168.

Fadillah, Muhammad dan Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep Dan Aplikasinya Dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Guthrie, M. 2008. Sukses Melatih Atletik.Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, J.W. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 2.Terjemahan: Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika.

Saputra, Yudha. M & Rudyanto 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan.

Sujiono, Bambang. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumantri, MS. 2005. Model Pengembangan Keteranpilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta :Depdiknas

Syafi’i. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Syamsu dan Nani Sugandi. 2016. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i3.9193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id