Meningkatkan Kemampuan Seni Suara Anak Melalui Kegiatan Bernyanyi

Hasna Hasna, Sitti Rahmaniar Abubakar, Muhamad Safiuddin Saranani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seni suara anak melalui kegiatan bernyanyi di Kelompok B TK Negeri Labuan Belanda Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara . Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 20 orang yang terdiri atas 9 orang anak perempuan dan 11 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh  persentase ketercapaian sebesar 60%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 58,33%  sedangkan hasil belajar anak berupa  Meningkatkan Kemampuan Seni Suara Anak Melalui Kegiatan Bernyanyi sebelum dilakukan tindakan sebesar 45% anak memperoleh nilai BSH dan MB kemudian meningkat pada siklus I sebesar 70%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 86,66%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 91,66% dan hasil belajar anak berupa meningkatkan kemampuan seni suara anak melalui kegiatan bernyanyi meningkat sebesar 90%.

Kata kunci: Seni, Anak, Bernyanyi


Full Text:

UNDUH FILE

References


Ahmadiyah. 2017. Sistem Rekomendasi Lagu Berdasarkan Jenis Suara Penyanyi pada Aplikasi Karauke. Jurnal Ilmiah Teknologi Informati, 15 (2).

Anonim. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Kutikuum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini . 2004. Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Listiana, dkk. 2010. Seni Budaya dan Keterampilan. Tangerang Selatan: Prima Duta Nusantara

Ma’rifah. 2009. Strategi Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Bernyanyi) dalam Membina Akhlak Anak Usia Dini. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim malang

Nanang, Ganda Prawira. 2007. Seni rupa dan kriya. Bandung: Sarana Tutorial Nurani.

Pekerti, Widia dkk. 2008. Metode Pengembangan seni. Jakarta: Universitas terbuka.

Prastyo. 2010. Menyanyi Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Penguasan Kosa Kata Bahasa Iggris. Jakarta: PT Gramedia.

Rachmi, Tetty dkk. 2008. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i3.9191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id