Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Melalui Metode Bermain Peran

Yeni Febrianti Asril, Husein Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal melalui metode bermain peran di kelompok B TK Yaa Bunayya Hidayatullah Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di Kelompok B TK Yaa Bunayya Hidayatullah Kendari yang berjumlah 15 anak didik 9 laki-laki 6 perempuan. Berdasarkan analisis data diperolah hasil evaluasi kemampuan interpersonal  metode bermain peran sebesar 60%. Sedangka pada siklus II, persentase aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 92,31%, sedangkan persentase kegiatan belajar anak meningkat menjadi 92,31%. Hasil evaluasi kemampuan interpersonal melalui metode bermain peran sebesar 80% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan interpersonaldi Kelompok B TK Yaa Bunayya Hidayatullah Kendari dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran.

 

Kata Kunci: Kemampuan Interpersonal,  Metode Bermain Peran, Anak

Full Text:

UNDUH FILE

References


Abdulah, H. 1996. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Nextendo.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, M. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Panduan untuk Pendidik, Mahasiswa, & Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Tinjauan Teoretik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gardner. 2009. Kecerdasan Majemuk. (Terjemahan Drs. Alexander Sindoro). Batam Centre: Interaksara.

Hilda, F. 2012. Bermain Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Rikaneka.

May, L. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: PT. Indeks.

Miller. 2002. Early education Curiculum A child’S connection to the word. Apendix.

Mulyasa. 2004. Model Pembelajaran Untuk Anak. Jakarta: Grasindo.

Safaria, T. (t.thn.). Interpersonal IntelligenceMetode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran. Prenada Media Group.

Sujiono. 2010. Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: index.

Sujiono, Yuliani Nurani, Dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas: Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Banguntapan Jogjakarta: DIVA Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id