Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Proyek

Sri Masjuanti, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode proyek di kelompok B TK Negeri Pembina Raha Kabupaten Muna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas.  Tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak dikelompok B TK Negeri Pembina Raha, yang berjumlah 20 orang anakyang terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan.  Berdasarkan hasil analisis  data pada aktivitas belajar anak didik pada siklus I dari 14 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 64,3% atau 9 aspek yang tercapai. Sedangkan aktivitas belajar anak pada siklus II mengalami peningkatan menjadi sebesar 85,7% atau 12 aspek yang terlaksana. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan sosial emosional anak di kelompok B TK Negeri Pembina Raha Kabupaten Muna dapat ditingkatkan melalui metode proyek.

Kata kunci: Kemampuan Sosial, Emosional, Metode Proyek


Full Text:

UNDUH FILE

References


Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewey, John. 2010. Strategi Pembelajaran Berbasisi Masalah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dikdasmen. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jalarta Kemendiknas.

Harianti. 1994. Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen.

Kusumah, Wijaya, dkk. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisike II. Jakarta: PT. Indeks.

Martinis, Yamin. 2010. Strategi Pembelajaran berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Masitoh, dkk. 2005. Pendekatan Belajar Aktif Di Taman-Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ramli, Mansur. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Soejatiningsih, Cristian Hari N. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 1996. Evaluasi Pemebelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id