Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial Melalui Kegiatan Tebak Gambar Menggunakan Media Flip Chart
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan visual-spasial anak melalui kegiatan tebak gambar menggunakan media flip chart di kelompok B2 TK Adi Permai Kendari. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak Kelompok B2 TK Adi Permai Kendari yang berjumlah 10 orang anak. Berdasarkan hasil analisis kemampuan visual-spasial anak melalui kegiatan tebak gambar menggunakan media flip chart menunjukkan bahwa terdapat peningkatan, hal ini dapat dibuktikan pada hasil sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 20% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 40% sehingga menjadi 60%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 70% dari siklus I sehingga menjadi 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan visual-spasial di Kelompok B2 TK Adi Permai Kendari dapat ditingkatkan melalui kegiatan tebak gambar menggunakan media flip chart.
Kata Kunci: Kemampuan Visual-Spasial, Kegiatan Tebak Gambar, Media Flip Chart
Full Text:
UNDUH FILEReferences
Aisyah, Siti. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Panduan untuk Pendidik, Mahasiswa, & Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Tinjauan Teoretik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gamon, David dan Allen D.Bragdon. 2005. Cara Baru Mengasah Otak dengan Asyik. Bandung: Kaifa.
Gerlach, V.G. dan Ely, D.P. 1971. Teaching and Media. A Systematic Approach. Englewood Cliffs: Prentice Hall, Inc.
Kayvan, Umi. 2009. 57 Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak. Jakarta: Mediakita.
Musfiroh, Takdiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rinayanti. 2013. Upaya Guru dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini melalui Permainan Tebak Gambar di TK Mekarsari Kecamatan Rasau Jaya Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Sujiono, Yuliani Nurani, Dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas: Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Banguntapan Jogjakarta: DIVA Press.
Wardhani, Igak & Wihardit, Kusmaya. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085219103516
Email: goldenage@uho.ac.id