Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis

Nurlin Nurlin, Sri Yuliani M, Harlin Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis di Kelompok B Taman Kanak-kanak Tunas Makarti Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada Kelompok B Taman Kanak-kanak Tunas Makarti Kendari yang berjumlah 18 orang anak yang terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil belajar anak didik tentang peningkatan kreativitas melalui kegiatan melukis diperoleh persentase ketercapaian sebesar 56% atau 10 anak didik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketercapaian sebesar 89% atau 16 dari 18 orang anak didik. Pada aktivitas belajar anak didik siklus I dari 11 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 64% atau 7 aspek yang tercapai, sedangkan aktivitas belajar anak didik siklus II mengalami peningkatan menjadi 91% atau 10 aspek yang terlaksana.

 

Kata Kunci: Kreativitas, Anak, Kegiatan Melukis.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Apriaanti. 2013. Meningkatkan Kreativitas Gambar Anak melalui Melukis Pasir di Atas Kaca pada Kelompok B TK Satu Atap Padang Kurawan Bengkulu Selatan. Skripsi. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.

Arikunto, Suharsimi .2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dikdasmen. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jalarta Kemendiknas.

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pegembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo.

Kurniati, Euis & Yeni Rachmawati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muharam. 1993. Pendidikan Kesenian II Seni Rupa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pamadhi, Hajar & Evan Sukardi S. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rachmawati, Yeni & Euis Kurniati. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdikbud.

Sumanto. 2005. Pengembangan Krestivitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id