Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Kartu Huruf

Nur Eka Putri, Ahid Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu huruf di Kelompok B TK Kartika XX-46 Kendari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di Kelompok B TK Kartika XX-46 Kendari yang berjumlah 20 anak didik yang terdiri atas 9 orang anak perempuan dan 11 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 40% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 15% sehingga menjadi 65%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 20% dari siklus I sehingga menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak di Kelompok B TK Kartika XX-46 Kendari dapat ditingkatkan melalui media kartu huruf.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Permulaan Anak, Media Kartu Huruf


Full Text:

UNDUH FILE

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, Ratna Arini. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Anak Kelompok B di TK Masyithoh Kedungsari Kulon Progo, [Online].Tersedia:http://eprints.uny.ac.id/9801/. [28 April 2016].

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2006. Metode Pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ningsih, Herlina. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Bermain Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B PAUD Aulia Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang, [Online]. Tersedia: http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artkel/2014/11.1.01.11.0011.pdf. [30 Oktober 2015].

Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trisniwati. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK Aba Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta, [Online]. Tersedia:http://eprints.uny.ac.id/13605/1/Skripsi%20Trisniwati%2010111247005.pdf [16 Januari 2016].

Waraningsih, Tri Lestari. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Sulthoni Ngaglik Sleman, [Online].Tersedia:http://eprints.uny.ac.id/13530/1/SKRIPSI%20Tri%20Lestari%20Waraningsih%2010111247002.pdf [16 Januari 2016]




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id