Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Media Gambar Seri

Niarni Niarni, Muhamad Safiuddin Saranani

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui media gambar seri di kelompok B TK Kartika XX-46 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B TK Kartika XX-46 Kendari yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 11 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum tindakan diperoleh persentase 35% dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 20% sehingga menjadi 55%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 30% dari siklus I sehingga menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bercerita anak di kelompok B TK Kartika XX-46 Kendari dapat ditingkatkan melalui media gambar seri.

 

Kata kunci: Kemampuan Bercerita, Media, Gambar Seri


Full Text:

UNDUH FILE

References


Agustin, Uyu Wahyudin. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung:PT. Refika Aditama.

Bachir, Bachtiar S. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak dan Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Taman Kanak-Kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembagan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soegeng, Santoso. 2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.

Tehupiory, Marlen, dkk. 2014. Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B Semester II. e-journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id