Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Dengan Menggunakan Media Pasir

Lilis Endriati, Aisyah Aisyah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains anak dengan menggunakan media pasir pada kelompok B TK Taman Indriyah Kota Kendari. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak Kelompok B TK Taman Indriyah yang berjumlah 8 orang anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Berdasarkan hasil tentang kemampuan sains anak melalui  media pasir menunjukkan bahwa terdapat peningkatan, hal ini dapat dibuktikan pada hasil sebelum tindakan dan sesudah tindakan yang telah melewati standar ketuntasan hasil belajar anak ≥75%. Sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 35,71% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 64,89%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan sainsanak  Kelompok B TK Taman Indriyah dapat ditingkatkan melalui  media pasir.

 

Kata Kunci: Kemampuan Sains, Media Pasir, Anak.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Arif S, Sadiman. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Badru, Zaman. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Carin, Sund. 1989. Teaching Science Trough Discovery, Colombus. Ohio: Meril Publishing Company

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Panduan untuk Pendidik, Mahasiswa, & Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Tinjauan Teoretik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.

Rufaida, Nenee, Jurnal. Penerapan Bermain Pasir Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak K elompok A TK Yunior Surabaya.

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas: Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Banguntapan Jogjakarta: DIVA Press.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Yudhistira, Dadang. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id