Meningkatkan Kemampuan Naturalis Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Outdoor

Fitri Ayu Fince, Sitti Rahmaniar Abubakar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan naturalis anak melalui kegiatan pembelajaran outdoor di kelompok B TK Sangia Jampaka Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Berdasarkan hasil belajar anak didik dalam hal kemampuan natuaralis melalui kegiatan pembelajaran outdoor, diperoleh persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 66% dan meningkat pada siklus II sebesar 93%. Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 10 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 60% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Pada aktivitas belajar anak didik siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 64% sedangkan aktivitas belajar anak pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan naturalis anak di Kelompok B TK Sangia Jampaka Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah dapat ditingkatkan melalui kegiatan pembelajaran outdoor.

 

Kata Kunci: Kemampuan Naturalis, Pembelajaran Outdoor, Anak


Full Text:

UNDUH FILE

References


Amrullah, dkk. 2013. Kecerdasan Naturalis Perkembangan Psikologi. Jakarta: Universitas Islam Negeri. Tersedia: (http://rohimzoom. blogsot.com/, diakses Januari 2016).

Aqib, Zaenal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Musfiroh, Tadkiraotum. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rossa, Vika Oktia. 2014. Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains Dengan Media Boneka Horta. Bengkulu.

Sefriani, Andin. 2013. Deteksi Minat Bakat Anak, Optimalkan 10 Kecerdasan Anak. Jakarta: Media Pressindo.

Sujiono, Yuliani, dkk. 2005. Perkembangan Kognitif (edisi 1). Jakarta: Universitas Terbuka.

Vera, Adelia. 2012. MetodeMengajarAnak Di LuarKelas (Outdoor Study). Yogyakarta: Diva Press.

Wijaya, Widarmi D, dkk. 2008. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id