Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam

Asni Harti, Muamal Gadafi

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam di kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahap-tahap penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B2 TK Wulele Sanggula II Kendari yang berjumlah 17 orang anak, masing-masing anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Berdasarkan aktivitas belajar anak didik  pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 76,9%% dan mengalami peningkatan pada siklus II  dengan persentase ketercapaian sebesar 84,6%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik halus anak di Kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari dapat ditingkatkan melalui kegiatan menganyam.

 

Kata kunci: Keterampilan Motorik Halus, Kegiatan Menganyam, Anak.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Decaprio, Richard. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Depdiknas. 2003. Undang- undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dikdasmen.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembina TK dan SD.

Depdiknas. 2010. Pedoman Penilaian Di Taman Kanak- kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suyadi. 2013. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yokyakarta: Andi Yokyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id