Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Dari Bahan Alam

Asnawati Asnawati, Bambang Sugianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce dari bahan alam di kelompok B TK Negeri Melati Mekar  Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik d kelompok B TK Negeri Melati Mekar Laeya  Kabupaten Konawe Selatan, yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 8 anak  perempuan dan 7 anak  laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada observasi awal diperoleh persentase sebesar 46% atau 7 orang anak didik dari 15 anak didik. Siklus I diperoleh persentase sebesar 67% atau 10 orang anak didik dari 15 anak didik. Siklus II diperoleh persentase sebesar 93% atau 14 orang anak didik dari 15 anak didik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak di kelompok B Negeri Melati Mekar Laeya  Kabupaten Konawe Selatan dapat ditingkatakan melalui kegiatan meronce dari bahan alam.

Kata kunci: Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Meronce, Bahan Alam


Full Text:

UNDUH FILE

References


Anonim. 2001. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Bambang, Sujiono. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Panduan untuk Pendidik, Mahasiswa, & Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Tinjauan Teoretik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Musfiroh, Tadkirotun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.

Pamadhi, Hajar, dkk. 2012. Seni Keterampilan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sudjana, Nana. 2011, Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya

Sujiono, Yuliani Nurani, Dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Sumantri, MS. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Wardani, IGAK & Wihardi Kuswaya. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085219103516                                         

Email: goldenage@uho.ac.id