MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA PENGALAMAN

Yulianti Yulianti, Harlin Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal anak melalui kegiatan bercerita pengalaman di Kelompok A RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari, yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dengan rentang usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 51,14% atau 8 aspek yang tercapai sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,71% atau 12 aspek yang tercapai. Aktivitas belajar anak siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 76,92%, atau 9 aspek yang tercapai sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 92,86% atau 13 aspek yang tercapai. Hasil belajar anak berupa peningkatan kemampuan interpersonal melalui kegiatan bercerita pengalaman sebelum dilakukan tindakan sebesar 46,15% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 76,92% dan pada siklus II hasil belajar anak didik meningkat sebesar 92,31%.

Kata Kunci: Interpersonal, Anak, Bercerita Pengalaman.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Amstrong, Thomas. 2005. Setiap Anak Cerdas. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachri S. Bahtiar. 2005, Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak-Kanak Teknik dan Prosedurnya, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Champbell, L. 2006. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence (Alih bahasa: Tim Intuisi). Depok: Intuisi Press.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaeful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dhieni Nurbiana .2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Hoerr, Thomas R. 2007. Buku Kerja Multiple Intellegence. Bandung: Kaifa MZN.

Kusumah, Wijaya, dkk. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisike II. Jakarta: PT. Indeks

May, Lwin, dkk. 2008. How to Multiply Your Child’s Intelligence: Cara Mengembangkan Berbagai Kecerdasan. Yogyakarta: Indeks.

Musfiroh, Takdiroatun. 2005. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Safaria, 2005. Interpersonal Intellegence. Sleman: Amara Books.

Sari, Novtrya Meta. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak melalui Metode Bercerita di Kelompok B TK Yasporbi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Ulfah, Maulidya & Suyadi. 2012. Konsep Dasar PAUD. Bandung.

Williams E, Evelyn. 2005. Mengajar Dengan Empati. Bandung: Penerbit Nuansa.

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.

Yuliani, Nurani Sujiono. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id