MENGEMBANGKAN EMPATI ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN

Sariati Sariati, Sitti Rahmaniar Abubakar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan empati anak melalui metode bermain peran di kelompok B TK Kartika XX-46 Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak pada kelompok B Taman Kanak-kanak Kartika XX-46 Kendari yang berjumlah 17 orang anak yang terdiri atas 8 anak perempuan dan 9 anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I terdapat 2 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sangat Baik dan 11 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sesuai Harapan dengan persentasi 76,4%, pada siklus II terdapat 8 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sangat Baik dan 8 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sesuai Harapan  dengan persentasi 94,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa empati anak dapat dikembangkan melalui metode bermain peran di Kelompok B TK Kartika XX-46 Kendari.

Kata kunci: Empati, Metode Bermain Peran, Anak

Full Text:

UNDUH FILE

References


Anonim. 2001. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Anonim. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2009. Permendikna No. 58. Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Depdiknas

Dhieni, Nurbiana. dkk. 2006. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fadlillah, Muhammad dan Lilif Mualifatu K. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Hildayani, Rini. dkk. 2005. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Iis, Nanik. 2012. Pengembangan Empati Anak Usia Dini melalui Mendongeng di Taman Kanak-Kanak Asyiyah Pariaman, Jurnal Pesona PAUD, Vol. 1 No. 04

Juliwati dan Suharnan. 2014. Religiusitas, Empati dan Perilaku Prososial Jemaat GKT Hosana Bumi Permai. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 3 No. 02.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Lickona, Thomas. 2013. Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Tirtayani, Luh Ayu. Dkk. 2014. Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id