MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA KARPET GEOMETRI

Nening Asmianti, Afifah Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media karpet geometri di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Wawoncusu Kabupaten Buton. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi dan (4) refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di Kelompok B TK Dharma Wanita Wawoncusu Kabupaten Buton yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 7 anak didik laki-laki dan 8 anak didik perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun.  Pada aktivitas belajar anak pada siklus I persentase ketercapaian sebesar 64% atau 9 aspek dari 14 aspek yang diamati, sedangkan persentase ketercapaian aktivitas belajar anak siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 93 % atau 13 aspek dari 14 aspek yang diamati. Berdasarkan hasil belajar anak didik tentang kemampuan kognitif anak melalui media karpet geometri diperoleh persentase ketuntasan sebesar 53% atau 8 anak dari 15 orang anak. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II diperoleh persentase ketercapaian sebesar 80% atau 12 anak dari 15 orang anak didik. Kemudian terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak didik pada siklus I dan siklus II sebesar 27%.

 Kata kunci: Peningkatan, Kognitif Anak, Karpet Geometri.


Full Text:

UNDUH FILE

References


Bird, J. 2002. Matematika Dasar Teori dan Aplikasi. (Alih bahasa: Refina Indriasari). Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Bundu, Patta. 2006. Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains– SD. Jakarta :Depdiknas

Carol Seefeld& Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Proyek PAUD.

Dikdasmen. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jalarta Kemendiknas

Dimyati, Johni. 2002. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2009. Permendikna No. 58. Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Depdiknas

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: Referensi.

Fitri Ariyanti, Lita Edia & Khamsa Noory. 2007. Diary Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun. Bandung: Read Publishing House.

Jamaris Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Grasindo.

Kusumah, Wijaya, dkk. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisike II. Jakarta: PT. Indeks

Latif Mukhtar, dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media Group.

Lestari K.W. 2011. Konsep Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Masitoh & Siti Aisyah. 2009. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nugraha Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Piaget, Jean & Barbel Inhelder. 2010. Psikologi Anak. (Penerjemah: Miftahul Jannah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Prihandoko, Antonius. C. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Sujiono, Yuliani N, dkk. 2005. Metode pengembangan Kognitif (edisi kesatu). Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyanto, Slamet 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Triharso, Agung 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id