MENIGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENTUK BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA PLAY DOUGH

Mentari Rahmadani, Salwiah Salwiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk kognitif Anak dalam bentuk-bentuk geometri melalui media play dough pada kelompok B TK Mutiara Hati Kota Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti tahap-tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B2 TK Mutiara Hati Kota Kendari berjumlah 15 orang yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 5 anak laki-laki berusia 5 sampai 6 tahun. Pada siklus I sesuai dengan lembar observasi kegiatan mengajar guru sebanyak 11 aspek yang diamati diperoleh 63,64%. Sedangkan kegiatan belajar anak sesuai lembar observasi sebanyak 12 aspek diperoleh persentase 58,33%. Pada siklus II, aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 90,91%, sedangkan kegiatan belajar anak meningkat menjadi 91,67%. Berdasarkan observasi awal kemampuan kognitif anak didik sebesar 33,33%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I sebesar 66,66% ke siklus II sebesar 93,33%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan media play dough pada kelompok B TK Mutiara Hati Kendari tahun akademik 2016/2017.                                                                                         

 

Kata Kunci: Kemampuan Kognitif Anak,  Bentuk Geometri, Play Dough


Full Text:

UNDUH FILE

References


Anonim. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Awin, Susilowati. 2008. Penggunaan Media Gambar Tokoh Idola Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 6 SD Negeri I Jumapolo.Surakarta: FIKP UNS.

Beaty. 2010. Observing Development of the young Child. 7 TH esition. New Jersey : Pearson Education Upper Saddle River.

Benu. 2013. “Studi Pemanfaatan Puzzle Sebagai Media Stimulasi dalam Mengenal Bentuk, Warna dan Problem Solving Pada Anak di TK Angkasa Penfui”. Kupang: Universitas Nusa Cendana. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Dikdasmen. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jalarta Kemendiknas.

Hill, A. 2011. Do Our Children Add-up? A Meta-Analysis of The Longitudinal Effect of Kindergarten Schedule and Mathematic Achievement. Disertasi Dipublikasikan. University of Northern Colorado.

Kohn. 2003. Cliffs Quick Review Geometry. Bandung : Pakar Raya

Kusumah, Wijaya, dkk. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisike II. Jakarta: PT. Indeks.

Ranggiasanka, Aden. 2011. Serba-serbi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Siklus Hanggar Kreator.

Ruseffendi, E. T, dkk. 1991. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.

Slamet, Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Sujiono, Bambang, dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Schwartz, M., Wiliam. 2005. Pedoman Klinis Pediatri. Jakarta: EGC.

Syaodih, Ernawulan. 2008. Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Univeritas Terbuka.

Uyu Wahyudin, Agustin Mubiar. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. PT Rfika Aditama: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit

Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860                                               

Email: goldenage@uho.ac.id